Yearly Archive 2018

ByHasbi Maula

Seorang Kakek dan Sepeda Motornya

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*SEORANG KAKEK DAN SEPEDA MOTORNYA*

Cerita ini tentang seorang kakek yang motornya sedang diparkirkan di sebuah tempat parkir. Ketika kakek tersebut hendak mengambil kendaraannya ia kemudian didekati oleh seorang petugas.

“Maaf Pak, parkir motornya dua ribu.”

“Sebentar ya,” si kakek merogoh saku celananya , “berapa tadi?”

“Dua ribu Pak.”

Sang kakek akhirnya menemukan uang yang dicari, kemudian selembar dua ribuan itu diberikan kepada si tukang parkir, tetapi wajahnya tiba-tiba berubah menjadi pucat.

“Maaf Pak, ada apa dengan uang ini? Apa Bapak tidak punya uang lagi? Tidak apa-apa Pak tak perlu bayar lagi jika begitu.”

“Bukan. Bukan. Saya mendadak teringat kepada dosa-dosa saya sendiri,”

“Maksudnya Pak?”

“Ini lihatlah, motor saya hanya singgah sebentar di sini, lalu dijaga dan diawasi baik-baik agar tidak hilang, saya harus membayar biaya parkirnya,” sejenak ia menghela napas dan binar matanya mulai basah.

“Lalu bagaimana dengan diri saya ini? Bukankah dunia juga hanya tempat singgah? Saya sudah lama singgah di dunia ini dan Alloh menjaga dan mengawasi saya sehingga sampai hari ini saya masih sehat. Lalu mengapa saya tidak pernah membayarnya kepada Alloh?”

Akhirnya tumpah juga air matanya meleleh ke pipi. Sang kakek benar-benar tersentuh dengan kejadian ini.

“Saya menyesal sekarang. Sejak dulu saya jauh dari ibadah kepada Alloh Ta’ala, padahal Alloh Ta’ala yang selama ini memberi penjagaan sebaik-baiknya kepada saya. Ya Alloh, saya bertaubat kepadaMu.”

*“Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan dunia ini ialah seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon, ia singgah (sesaat) kemudian meninggalkannya.”*
(HR. Ahmad, Tirmidzi)

Awal tahun baru 2019 dstnya, mari perkecil berbuat negatif, memperbanyak bertutur, berfikir dan berbuat positif.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita sesuai perintah Alloh Ta’ala dan menjauhi laranganNya, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

RENUNGAN AKHIR 2018

๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Renungan Akhir 2018*

Tak trasa tinggal 1 hari lagi tahun ini akan berlalu, tiba” jadi teringat masa lalu….
* Kehidupan manusia berlalu dgn cepatnya….
* Banyak sekali yg telah d’lalui, ada yg lancer, ada yg penuh rintangan, ada yg penuh kegembiraan, ada pula yg penuh kegetiran

Semua pasti mengalaminya… Itulah kehidupan manusia
๐Ÿ”…Saat kita berumur 20thn merasa sungguh enak kalo kita tampan/cantik.
๐Ÿ”…Saat kita 30thn merasa sungguh enak andaikan kita kembali muda lagi.
๐Ÿ”…Saat kita 40thn merasa sungguh enak andai kita punya banyak uang
๐Ÿ”…Saat kita 50thn merasa ada kesehatan sungguh enak sekali.
๐Ÿ”…Saat kita 60thn merasa utk dpt hidup aja sudah sangat bagus.
๐Ÿ”…Saat kita 70/80thn merasa kenapa hidup ini serasa sangat singkat sekali.

๐Ÿ”ธSebenar’nya hidup ini tdk perlu selalu merasa disesali.
๐Ÿ”ธTidak perlu merasa diri ini cakep/ jelek.
๐Ÿ”ธTidak perlu saling menyalahkan mencari siapa yg benar siapa yg salah.
๐Ÿ”ธHidup ini indah…Nikmati lah..
๐Ÿ”ธSemoga teman sekalian dibarokahi dalam hidup ini dgn penuh kesehatan.

๐Ÿ”นLupa agama ? oops.. . bisa ke Neraka !
๐Ÿ”นLupa orang tua ? ituโ€ฆ Durhaka !
๐Ÿ”นLupa sesama ? aaaah.. Biasa !
๐Ÿ”นTapi lupa sama sahabat? ehm.. Mana bisa
๐Ÿ”นButuh 1 menit tuk membenci seseorang.
๐Ÿ”นButuh 1 detik tuk menyakitin seseorang.
๐Ÿ”นTapi butuh seumur hidup utk mencari seorang teman sejati.
๐Ÿ”นBerapa lama kita akan berteman ???
๐Ÿ”นCoba saya pikir…???
๐Ÿ”นSelama bintang bersinar di langit ?
๐Ÿ”นSampai lautan kehabisan air ?
๐Ÿ”นSampai akhir usia ? 
Saya tidak berharap untuk jd orang terpenting dalam hidup ini,
Saya cuma berharap suatu hari kalau dengar namaku, kamu tersenyum berkata :
*“Dia itu saudara, teman dan sahabat baikku”*

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita sesuai perintah Alloh Ta’ala dan menjauhi laranganNya, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

MENATA PIKIRAN

๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
MENATA PIKIRAN

Sebentar lagi kita akan meninggalkan 2018, waktunya menata PIKIRAN kita.
Menabur Dalam PIKIRAN Akan Menuai TINDAKAN,

TINDAKAN Akan Melahirkan KEBIASAAN.

KEBIASAAN Akan Membuahkan KARAKTER.

PIKIRAN Kita Seperti Tanah, Tanah tidak Pernah Peduli Terhadap Jenis Benih Apa yang Hendak Kita Tanam.

Jika Kita Menabur Benih Jagung, Tanah Akan Meresponnya, Lalu Menumbuhkan Jagung.

Apapun yang Kita Tanamkan dalam PIKIRAN, PIKIRAN Kita akan segera Menerima, Merespon & Menumbuhkannya.

Sadar Atau Tidak, Sering Kali Kita Memperkatakan Hal-hal Buruk tentang Diri Kita Sendiri, Misalnya:
๐Ÿ”นHidupku Penuh Masalah,
๐Ÿ”นAku Tidak Akan Berhasil,
๐Ÿ”นSakitku Tidak Akan Sembuh
๐Ÿ”นMasa Depanku Suram
๐Ÿ”นHidupku Cape Dech dll

Hal-hal Negatif yang Kita Ucapkan Itu Akan Direspons Oleh PIKIRAN Kita dalam Bentuk Sikap & Tindakan, yang Pada Gilirannya Akan Menghasilkan Sesuatu yang Sama Seperti yang Kita Tanamkan dalam PIKIRAN Kita.

Oleh Sebab Itu, TANAMKAN Hal yang POSITIF di Benak Kita, Maka Kita Akan Menjadi Luar Biasa.
Dan Pelihara yang BAIK & BENAR.

PIKIRAN POSITIF YANG HARUS DENGAN KEARIFAN BISA MEMBEDAKAN MANA YANG BAIK & BENAR.

Mari BIASAKAN untuk selalu Berpikir:
๐Ÿ”ธSaya Sangat Beruntung.
๐Ÿ”ธHidupku Penuh Berkah.
๐Ÿ”ธSaya PASTI Mampu Mengatasi Masalah Ini !
๐Ÿ”ธMasa Depanku PASTI Cerah !
๐Ÿ”ธHari Ini Saya PASTI Penuh Semangat !
๐Ÿ”ธSaya Sangat Bersyukur Pada Alloh Ta’ala atas Apa Yg Saya Miliki Saat ini.
๐Ÿ”ธSaya akan Berjuang & Berjuang Terus !
๐Ÿ”ธAlloh Ta’ala PASTI Buka Jalan !

Hidup adalah permainan pikiran, kalau kita bisa mengelola pikiran kita, maka hidup Kita akan BAHAGIA.

Manage pikiran dengan baik. Hiduplah dengan ketenangan agar kita mampu mengelola Pikiran kita.

HATI yang baik itu seperti KEBUN,
PIKIRAN yang baik itu AKAR NYA,
PERKATAAN yang baik itu Bunganya.
PERBUATAN yang baik itu BUAHNYA.

Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk.

Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran murni, maka kebahagiaan akan mengikutinya, bagaikan bayang-bayang yang tak pernah meninggalkan bendanya.

Semoga kita bisa memperbaiki mindset kita.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita sesuai perintah Alloh Ta’ala dan menjauhi laranganNya, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Penjual Gado Gado

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Penjual gado-gado*

Saya sudah beberapa kali beli gado2 di tempat ibu ini. Untuk kedua kalinya saya dipaksa menunggu di gerobaknya yang ditinggalkan begitu saja.

“Lagi sholat dzuhur mas ibunya…” kata tukang di sebelahnya. Saya pun menunggu.

Lima belas menit kemudian ibunya muncul, karena sudah kenal dengan wajah pelanggannya ini dia lalu bilang, “maaf ya nunggu lama… pedas banget kan?”

“Habis sholat bu?” tanya saya.
“Iya mas, kaya tidak, sholat tidak, rugi dong saya…” jawabannya bikin saya merasa ditampar.

“Nggak takut kehilangan pelanggan?” tanya saya lagi.

“Emang sih kata orang-orang setiap pas saya sholat ada deh enam sampe tujuh pelanggan yang datang… tapi ya kalau rezeki saya tuh orang pada balik lagi. Kalau tidak balik ya bukan rezeki saya…”

Plak! Ditampar lagi saya rasanya sama ibu ini. Yang kedua ini terasa lebih pedas tamparannya, lebih pedas dari rasa gado-gadonya.

Jelas, keyakinannya soal rezeki jauh diatas keyakinan saya yang kadang masih ragu.

Terima kasih ya bu atas tamparannya.

“Sekaya apa dirimu sampai rela meninggalkan sholat?”

“Sepintar apa dirimu sampai rela menunda sholatmu?”

*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

TENTANG KITA

๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Tentang Kita*

Hidup bukan hanya tentang aku, tetapi juga tentang kita dan mereka. Hidup itu juga tentang orgtuamu, tentang keluargamu, tentang org2 sekitarmu, tentang negerimu dan tentang agamamu.
Buat apa kita ada, kalau keberadaan kita tidak bermanfaat bagi orang lain & manfaatnya tidak dirasakan oleh mereka.

Hidupmu dikatakan hebat kalau kau bisa menghebatkan org-org yang lemah.
Doa mereka tiada bersekat, oleh krn itulah kau hrs mendekatnya.
Kebahagiaan didalam dirimu, itu ada didalam hati & pikiranmu.
Sementara diluar dirimu, kebahagiaan itu ada tatkala kau dekat dengan org-org yg perlu kau berdayakan.

Martabatmu bukan ditentukan oleh banyaknya sertifikat & bintang jasa di pundak & dadamu.
Tetapi ditentukan oleh seberapa kuat namamu ada di hati org-org di sekitarmu.
Pujian sejati, bukanlah dalam bentuk gemuruh tepuk tangan tiada henti.
Tetapi justru ada didalam hati, ia keluar dalam bentuk doa di saat-saat sepi.

Jika ingin bahagia, mk bahagiakan org lain.
Jika ingin sukses, mk sukseskan org lain.

Rasululloh Shallallahuโ€™alaihi Wasallam bersabda:
*“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”*
(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)

Alloh Jalla wa โ€˜Alaa berfirman:
*“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”*
(QS. Al-Isra:7)

Alhamdulillah hari jum’at hadir kembali mari baca srt al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat dan sodaqoh.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita sesuai perintah Alloh Ta’ala dan menjauhi laranganNya, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

KONSEP PENDIDIKAN

๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Konsep Pendidikan*

Saat liburan dan koreksi ujian mhs.
Mencoba merenung sejenak, kenapa nilai ujian mhs dari tahun ke tahun kok ada penurunan, walau tetap ada lah yg diatas rata2.

Pas buka al qur’an terdamparlah ke srt al baqoroh ayat 129, sbb:

“Ya Tuhan kami,utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka.Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”

Ini doa Nabi Ibrahim.AS, memohon agar penggantinya seorang Rasululloh yg:
1. Yg membacakan ayat2 Alloh.
2. Yg mengajarkan Al Qur’an dan As Sunnah.
3. Yg mensucikan mereka.

Doa ini dijawan oleh Alloh Ta’ala dlm srt al Baqoroh 151 sbb:

“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”

Pengganti Nabi Ibrahim.AS seorg Rasululloh yg:

1. Yg membacakan ayat2 Alloh.
2. Yg mensucikan mereka.
3. Yg mengajarkan Al Qur’an dan As Sunnah.

Inilah konsep pendidikan dan mendidik anak2 kita, baik anak kandung atau anak didik. Jika ortu/guru menerapkan ketiga konsep diatas, saya yakin anak2 kita akan menjadi luar biasa.

Analisanya sbb:
1. Mari kita ajarkan membaca, mulai al qur’an, as sunnah dan pengetahuan lain. Baca…baca… dan baca, sebagai jendela ilmu. Pertanyaanya bgmn anak2 atau anak2 didik kita, sukakah membaca?

Bgmn merubah membaca yg di hp/laptop ke kitab/buku, tanpa hrs menyalahkan adanya HP/laptop?

Menjadi tugas yg tidak gampang, ditengah tengah perkembangan IT melalui HP, laptop dan internetnya.

Apa yg mereka baca? Bgmn merubah kebiasaan dari hp/laptop ke buku atau kombinasi, yg penting mau membaca yg positif yaitu kitab.

Jika ini bisa dilakukan, mk ada harapan besar, perubahan di anak2 kita.

Mari para ortu/guru, mesti kita sendiri mengawali seneng membaca.

2. Bersih diri kita, baik ortu/guru, dg bersih tutur kata, pemikiran dan perbuatan. Sudahkah kita sebelum mengajarkan membaca dulu, lalu bersih diri/wudhu & berdoa memohon pd Alloh Ta’ala agar anak kita/didik bisa lebih mudah menyerap kitab yg dibaca/ilmu yg diberikan.

Jika ini dilakukan ortu/guru, mk ada secercah harapan kedepan, anak2/anak2 didik kita akan moncer, krn ortu/guru membersih diri dan melibatkan Alloh Ta’ala.

3. Setelah proses membuat diri seneng membaca dan membersihkan untuk diri dan anak2, baru proses berikut dijalankan yaitu ajarkan mrk ilmu. Ilmu agama dan ilmu umum dg kasih sayang & hikmah.

Semoga coretan ini, ada manfaat, baik utk diri dan kita semua.

Tidak ada kata terlambat, utk bebenah menjadi lebih baik, jadi apapun kita.

Mari kita jadikan diri ini, penyebab baiknya diri dan org lain dg melibatkan Alloh Ta’ala.

*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Musibah datang karena maksiat dan dosa

๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Musibah datang karena maksiat dan dosa

Rasanya baru kemarin kita dikagetkan bencana di lombok, lalu di Palu dan saat ini di selat sunda. Rasanya tidak pernah berhenti dari satu bencana ke bencana berikutnya. Ada apa ini?

Sayyidina Ali bin Abi Tholib radhiyallahu โ€˜anhu mengatakan,
โ€œTidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.โ€

Firman Alloh Taโ€™ala yang lainnya,
โ€œDan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Alloh memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).โ€
(QS. Asy Syuraa: 30)

Ibnu Rajab Al Hambali โ€“rahimahullah- mengatakan, โ€œTidaklah disandarkan suatu kejelekan (kerusakan) melainkan pada dosa karena semua musibah, itu semua disebabkan karena dosa.โ€

Saatnya Merubah Diri

Oleh karena itu, sudah sepatutnya setiap hamba merenungkan hal ini. Ketahuilah bahwa setiap musibah yang menimpa kita dan datang menghampiri negeri ini, itu semua disebabkan karena dosa dan maksiat yang kita perbuat.
Betapa banyak kesyirikan merajalela di mana-mana, dengan bentuk tradisi ngalap berkah, memajang jimat untuk memperlancar bisnis dan karir, gemar melakukan zina/free sex, LGBT, minuman keras, narkoba, korupsi, perselingkuhan, berjudi dll.
Kita dapat melihat bahwa masih banyak di sekitar kita yang shalatnya bolog-bolong. Padahal para ulama mengatakan bahwa meninggalkan shalat termasuk dosa besar yang lebih besar dari dosa besar yang lainnya yaitu lebih besar dari dosa berzina, berjudi dan minum minuman keras. Naโ€™udzu billah min dzalik.

Begitu juga perzinaan dan perselingkuhan semakin merajalela di akhir-akhir zaman ini. Itulah berbagai dosa dan maksiat yang seringkali diterjang. Itu semua mengakibatkan berbagai nikmat lenyap dan musibah tidak kunjung hilang.

Agar berbagai nikmat tidak lenyap, agar terlepas dari berbagai bencana dan musibah yang tidak kunjung hilang, hendaklah setiap hamba memperbanyak taubat yang nashuh (yang sesungguhnya). Karena dengan beralih kepada ketaatan dan amal sholeh, musibah tersebut akan hilang dan berbagai nikmat pun akan datang menghampiri.
Alloh Taโ€™ala berfirman,
โ€œ(Siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Alloh sekali-kali tidak akan merubah sesuatu niโ€™mat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri , dan sesungguhnya Alloh Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.โ€
(QS. Al Anfaal: 53)

โ€œSesungguhnya Alloh tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.โ€
(QS. Ar Roโ€™du: 11).

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita sesuai perintah Alloh Ta’ala dan menjauhi laranganNya, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

ALLOH TAHU KITA MAMPU

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู

Sejenak Pagi:
*ALLOH TAHU KITA MAMPU*

Saudara & sahabatku…
Alloh Ta’ala tahu kita mampu.

Karena Alloh Subhanahu wa Ta’ala tidaklah membebani kita kecuali Alloh Ta’ala tahu kita mampu menghadapinya.

Karena Alloh Ta’ala berfirman :
“Alloh tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”
(Qs. Al-Baqarah 286).

Saudara & sahabatku…
Oleh karena itu Rasululloh shalallahu alaihi wasallam pun menganjurkan kita untuk senantiasa meminta pertolongan pada Alloh Ta’ala.

Dalam setiap permasalahan.
Dan dalam apapun keadaan.
Beliau shalallahu alaihi wasallam bersabda :
โ€œMukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Alloh Ta’ala daripada mukmin yang lemah. Akan tetapi, keduanya tetaplah memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu.
*MINTA TOLONGLAH PADA ALLOH, DAN JANGAN ENGKAU LEMAH*
Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau mengatakan, โ€˜Seandainya aku berbuat demikian dan demikian.โ€™ Akan tetapi hendaklah engkau mengatakan: โ€˜Ini sudah menjadi takdir Alloh Ta’ala. Setiap apa yang Dia kehendaki pasti terjadi.โ€™ Karena perkataan ‘seandainya’ dapat membuka pintu syaiton.โ€
(HR. Muslim 2664)

Semoga Alloh Ta’ala memudahkan kita dalam kebaikan.

*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Ayunkan terus satu demi satu, raih kesuksesan

โžกโžกโžกโžกโžกโžกโžกโžกโžกโžกโžก
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Ayunkan terus satu demi satu, raih kesuksesan

Alkisah, ada seorang pembuat jam Swiss yg terkenal ahli krn sangat presisi. Ia memiliki kemampuan berkomunikasi verbal dg jam yg tengah dibuatnya. Bayangkan diri Anda, hadir ketika diskusi hangat itu sedang berlangsung:
โ€œWahai jam yg baik,kelak engkau akan selesai dibuat & berfungsi sbg jam. Sanggupkah kau berdetak sebanyak 31 juta 104 ribu kali dlm setahun?โ€
Jam mrasa grogi mendengar jmlh angka yg disampaikan sang pembuat jam. Ia pun menjawab, โ€œMaaf, Bapak pembuat jam yg baik hati, tampaknya kutak sanggup jk hrs berdetak sebanyak itu.โ€

Lalu, si pembuat jam mengajukan pertanyaan yg kedua, โ€œJika begitu, mungkin kau mampu berdetak sebanyak 2 juta 592 ribu kali dlm sebulan?โ€

Jam sekali lagi, terhenyak. Jmlh yg diajukan sang pembuat jam baginya masih sangat besar. Ia berpikir tdk mungkin utk menyanggupinya, โ€œSekali lagi, maaf, Bapak yg baik hati, aku masih takmampu.โ€

Sang pembuat jam hanya mengangguk & menatap dg bijak. Lalu bertanya dg penuh tanya, โ€œBagaimana jika kau hanya hrs berdetak sebanyak 86 ribu 400 kali saja dlm sehari-semalam?โ€

Jam bimbang. Ia memandangi sekujur tubuhnya yg mungil, ia ragu apakah mampu memenuhi permintaan itu, โ€œMaafkan aku utk kesekian kalinya, duhai Bapak yang baik hati. Tampak sekali lagi aku belum mampu memenuhi permintaanmu.โ€ Ia pun tersipu & tertunduk malu, tetapi apa mau dikata, ia ragu thdp kemampuan dirinya yg memang berukuran kecil & mungil itu. Lalu, dg tetap ceria sang pembuat jam kembali menawarkan berapa kali kiranya si jam mungil harus berdetak.

โ€œKalau 3600 kali berdetak dlm satu jam, kiranya kamu mampu,bukan?โ€ tanyanya dg penuh harap. Jam mungil merasa tenggorokannya tercekat, sesak. Ia taklagi mampu berkata-kata saking malunya.

Tanpa menunggu jawaban dari si jam mungil, pembuat jam langsung berseru, โ€œBaiklah, kalau begitu kau cukup berdetak satu kali saja dalam satu detik. Bagaimana?โ€
Tanpa berpikir panjang, jam mungil itu melakukannya.

Maka mari ayunkan satu demi satu, raih kehidupan lebih baik lagi, ayunkan terus, krn sukses menunggu kita.
Jangan menyerah. Salam sukses luar biasa !!!

Semoga kita bisa terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

SIAPAKAH YANG PANTAS DI SEBUT SAHABAT ???

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
SIAPAKAH YANG PANTAS DI SEBUT SAHABAT ???

๐ŸŒปYang mengajakmu makan malam di cafe?
๐ŸŒป Yang membeli tiket untuk nonton bareng ?
๐ŸŒป Yang nangis bareng ketika nonton konser ?
๐ŸŒป Yang selalu berada disebelahmu ketika foto narsis ?
๐ŸŒป Yang mengirimkan sms: โ€œjangan lupa makan siang yaa..โ€ ?
๐ŸŒป Yang mengunjungimu ketika dalam keadaan bete dan bosan ?

Baiklahโ€ฆ

๐Ÿ’œ Mungkin itu adalah sahabat versi terbaik kitaโ€ฆ

Namun dalam Al-Quran Alloh subhaanahu wa ta’ala menjelaskanโ€ฆ
Manusia yang pantas disebut sahabat dan saudara adalah โ€œYang membantumu dalam kebaikan dan menasehatimu dalam keburukan serta bersabar didalamnyaโ€ฆโ€

Makaโ€ฆhitunglah baik-baikโ€ฆ

๐ŸŒธSiapa yang mengajak kita sholat berjamaah
๐ŸŒธ Siapa yang memberikan contoh kita melakukan kebaikan
๐ŸŒธ Siapa yang menasehati jika kita berbuat salah,
๐ŸŒธ Siapa yang menjawab kegalauan kita,
๐ŸŒธ Siapa yang mencegah kita berbuat maksiat,
๐ŸŒธ Siapa yang membangunkan kita disaat kita telat tahajud ?
๐ŸŒธSiapa yang mengingatkan kita disaat kita lupa dluha ???
๐ŸŒธ Siapa yang mengajak kita untuk semangat puasa sunnah ???
๐ŸŒธSiapa yang memotivasi kita untuk membaca Al-Qur’an ??

Bila ternyata tidak ada seorangpun yang melakukannya kepada kita, sungguh malang sekali nasib kita selama iniโ€ฆ.
Karena ternyata, kita tidak memiliki sahabat seorangpun walau kita berfikir telah memilikinya.

๐Ÿ’Ÿ Pandai-pandailah dalam bersahabat

Dan kalian semua adalah SAHABAT TERBAIKKUโ€ฆ

Mutiara hadist :
Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam, bersabda: “Barangsiapa ketika ruhnya berpisah dari jasadnya sedang dia terbebas dari tiga hal maka dia masuk surga, (yaitu terbebas) dari sombong, dari hutang dan dari ghulul (khianat dalam urusan harta)”
(HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Mari saudara dan sahabatkuโ€ฆโ€ฆ..
Tetap semangat.
Raih impian luruskan niat, sempurnakan usaha dengan kerja 4AS (Keras, Tuntas, Cerdas dan Ikhlas), didorong dg doa dan bertawakal total kpd Alloh Ta’ala.

Salam Sukses selalu.
Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘