Sejenak Pagi

ByHasbi Maula

Dimana Keindahan Itu Berada

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*DIMANA KEINDAHAN ITU BERADA*

Pada tahun 2007, The Washington Post pernah melakukan sebuah eksperimen yang cukup menarik. Mereka meminta seorang pemain biola ternama, Joshua Bell, untuk menunjukkan kebolehannya di sudut sebuah stasiun.

Tidak tanggung-tanggung, sang violinis mempersembahkan lagu yang paling sulit dimainkan berjudul Chaconne, Partita No 2 in D Minor karya maestro Bach. Biola yang digunakan pun tidak main-main, yaitu biola termahal miliknya yang nyaris sempurna menghasilkan nada paling merdu.

Bagaimana hasilnya? Selama satu jam permainannya, dengan lebih dari seribu orang yang melewati jalan tersebut, namun hanya tujuh orang saja yang berhenti sejenak dan menikmati sajian indah dan gratis itu.

Padahal, tiga hari sebelumnya Joshua Bell baru saja menggelar pertunjukan tunggal di sebuah teater musik yang kursi penontonnya terjual habis meski seharga seratus dolar!

Eksperimen ini dilakukan untuk membuktikan kepada kita semua, bahwa sebenarnya keindahan itu dapat dengan mudah kita temui di mana saja. Namun, terkadang justru kita yang tidak menyadari.

Berapa banyak keindahan yang kita lewati. Kita menyangka tak ada sesuatu yang berharga, padahal kenyataannya adalah kita yang tidak peduli. Hanya karena permainan biola itu dibawakan di stasiun, bukan berarti menjadi kehilangan keanggunannya.

Mari kita mulai belajar menghargai. Temukanlah segala keindahan yang Alloh Ta’ala ciptakan. Karena dalam hadist riwayat Al-Imam Muslim disebutkan,

*”Sesungguhnya Alloh Maha Indah dan mencintai keindahan.”*

Maka pastilah dalam segala sesuatu terdapat keindahan. Karena segala sesuatu merupakan ciptaan Alloh Ta’ala. Tugas kita adalah menemukannya.

Sadarilah bahwa apapun yang kita temukan di tempat kerja, sebetulnya punya keindahannya sendiri. Mungkin karena kita yang terlalu banyak mengeluh, sehingga tidak menyadarinya.

Rasakanlah dalam wajah-wajah anggota keluarga kita di rumah, tersimpan keindahan yang kita butuhkan. Hanya saja waktu kita habis untuk smartphone, sehingga tak bisa merasakannya.

Bahkan pada lantunan ayat-ayat Al-Quran, terkandung keindahan yang sangat menentramkan hati bagi pembaca maupun pendengarnya. Sebagaimana tersebut dalam Surat Hud ayat 1,

*”Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi (indah) serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Alloh) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu.”*

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Rakuskah Kita

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Rakuskah Kita*

Dalam acara Wild Life kita bisa melihat bagaimana serigala memangsa buruannya, mencengkram, menerkam, menggigit, merobek, mengunyah dan kemudian menelannya. Saling tarik antara satu serigala dengan serigala lainnya menjadi hal yang biasa. Sebab masing-masing ingin mendapatkan makanan yang paling banyak.

Itulah sedikit gambaran tentang kerakusan serigala, yang mungkin akan dianggap wajar karena ia tidak memiliki hati dan otak. Namun bagaimana halnya bila kerakusan itu muncul dari makhluk yang berhati dan berotak? Bahkan ia lebih rakus dari serigala! Siapakah dia? Tidak lain dan tidak bukan adalah manusia!

Mari kita simak penuturan Rasululloh shallallahuโ€™alaihiwasallam, dalam hadits Kaโ€™ab bin Mรขlik radhiyallahuโ€™anhu berikut,
*โ€œKerusakan yang diakibatkan dari dua serigala lapar yang memangsa domba, tidak lebih parah dibanding kerusakan agama seseorang yang ditimbulkan dari kerakusannya terhadap harta dan kedudukanโ€.* (HR. Tirmidzy)

Dalam hadits di atas digambarkan bahwa daya rusak dua serigala yang sedang kelaparan itu, masih kalah dahsyat dibandingkan kerusakan yang ditimbulkan dari ambisi seseorang terhadap harta dan jabatan.

Demi meraih harta, banyak orang menghalalkan segala cara dan mengorbankan hal-hal yang berharga. Dia merasa nyaman untuk berkorupsi, memakan riba, berselingkuh, membunuh, mengorbankan tali silaturrahim dan masih banyak yang lainnya.

Setali tiga uang, berbagai cara ditempuh oleh banyak manusia untuk meraih kedudukan, tanpa peduli benar atau tidaknya cara tersebut. Sogok dan suap dianggap biasa. Sikut menyikut dan menjatuhkan kompetitor merupakan bumbu wajib persaingan. Carmuk (cari muka) dengan berbagi sembako dan uang dinilai sebuah keharusan. Tidak lupa pergi ke dukun dianggap suatu kelaziman.

Jangan mengira bahwa yang diintai fitnah kekuasaan itu hanya para pencari jabatan duniawi saja. Mereka yang berambisi untuk meraih kedudukan yang bersifat agama pun terancam. Rebutan kursi ketua ormas keagamaan, โ€™jabatanโ€™ pemuka agama, mulai dari tingkat kampung hingga nasional, juga menjadi ajang setan untuk merusak agama manusia.

Harta dan jabatan (kedudukan). Keduanya sering disebut-sebut sebagai dua sekawan yang tak terpisahkan. Harta bisa menghantarkan seseorang kepada posisi atau jabatan tertentu. Bahkan hari ini posisi yang seharusnya diisi secara alami oleh orang-orang berkompeten pun bisa dibeli dengan harta. Posisi atau jabatan pun mampu membuat orang mengeruk harta sebanyak-banyaknya. Tanpa ada rasa puas. Tidak ada rasa malu. Apalagi secuil peduli, perhatian dan keberpihakan terhadap masyarakat.

Ya, seperti itulah daya tarik harta dan kekuasaan. Bisa menggiurkan siapapun. Maka tidak ada jalan lain bagi kita, melainkan untuk terus memohon pertolongan kepada Alloh taโ€™ala agar selalu dipelihara dari fitnah harta dan kekuasaan.

Pada dasarnya permasalahan bukanlah pada jabatan atau harta itu sendiri, akan tetapi pada cara untuk mendapatkannya dan penggunaannya. Apabila benar cara dan penggunaannya, maka akan terpuji. Bila sebaliknya, maka akan tercela.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

DIRGAHAYU INDONESIA

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Dirgahayu Indonesia*

Aku Cinta Indonesia
Negeri ini adalah negeri yang elok
Penuh warna dan keindahan
Negeri ini adalah negeri yang makmur
Tanah tumpah darahku yang mulia
Jayalah Negeriku. INDONESIA.”

“Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan
Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta
Jasa yang punya tujuan โ€œMerdeka atau Matiโ€
Saudaraku, mari kita bangkit bersama
Membangun negeri tercinta
Selamat HUT ke-74 Republik Indonesia.”

“Nasib bangsa kita tak akan berubah
Jika kita tak merubahnya
Mari sama-sama berjuang
Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri
Selamat HUT ke-74 Republik Indonesia
Sekali merdeka, tetap merdeka!”

โ€œMenang bukan berarti berhasil menduduki sebuah kursi kekuasaan. Menang bukan berarti berhasil menumbangkan banyak lawan. Menang adalah ketika kita bisa merangkul segala perbedaan. Menang adalah ketika kita bisa membangkitkan kembali semangat juang. Menang adalah ketika kita bisa melakukan perubahan. Selamat ulang tahun indonesia, semoga kita semua termasuk ke dalam para pemenang yang terus siap menghadapi tantanganโ€.

_”Kemerdekaan ini tidaklah didapat dengan mudah. Kemerdekaan ini bukanlah sebuah hadiah dari penjajah secara cuma-cuma. Kemerdekaan indonesia adalah sebuah bukti bahwa perjuangan tidak akan mengkhianati hasil yang di dapat. Kemerdekaan indonesia adalah saksi bahwa menyerah hanya untuk orang-orang yang jiwanya kalah. Semoga indonesia selalu merdeka. Dirgahayu Republik indonesiaโ€._

โ€œMempertahankan apa yang telah diberikan oleh para pahlawan sungguh tidaklah mudah. Merdeka bukan hanya status tanpa penjajahan. Merdeka adalah bagaimana kita berkomitmen untuk menciptakan perubahan. Selamat ulang tahun indonesia, semoga generasi penerus bangsa bisa membawamu lebih merdeka dengan kontribusi mereka!โ€

โ€œSemoga merdeka tidak hanya berhasil mengambil alih sebuah bangsa. Semoga merdeka benar-benar diaplikasikan untuk segala aspek yang berada di negeri ini. Jayalah terus indonesiaku, kini dan nanti!โ€

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Hilangkan Sampah Dihatimu

๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*HILANGKAN SAMPAH DI HATIMU*

๐Ÿ”นSeorang laki-laki yg berbeda paham dengan seorang Guru Sufi mengeluarkan kecaman dan kata-kata kasar meluapkan kebenciannya kepada Sang Guru.

๐Ÿ”ธSang Guru hanya diam, mendengarkannya dengan sabar, tenang dan tidak berkata apa pun.

Setelah lelaki tersebut pergi, si murid yg melihat peristiwa itu dengan penasaran bertanya :
“Mengapa Sang Guru diam saja tidak membalas makian lelaki tersebut.”

๐Ÿ”ธBeberapa saat kemudian, maka Sang Guru bertanya kepada si murid :
โ€œJika seseorang memberimu sesuatu, tapi kamu tidak mau menerimanya, lalu menjadi milik siapa kah pemberian itu ?โ€

“Tentu saja menjadi milik si pemberiโ€, jawab si murid.

“Begitu pula dengan kata-kata kasar ituโ€, tukas Sang Guru.

โ€œKarena aku tidak mau menerima kata-kata itu, maka kata-kata tadi akan kembali menjadi miliknya.

Dia harus menyimpannya sendiri.
Dia tidak menyadari, karena nanti dia harus menanggung akibatnya di dunia atau pun akhirat, karena energi negatif yg muncul dari pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan hanya akan membuahkan penderitaan hidupโ€.

๐Ÿ”ธKemudian, lanjut Sang Guru :
โ€ Sama seperti orang yg ingin mengotori langit dengan meludahinya. Ludah itu hanya akan jatuh mengotori wajahnya sendiri.

Demikian halnya, jika di luar sana ada orang yg marah-marah kepadamu, biarkan saja, karena mereka sedang membuang SAMPAH HATI mereka.

๐Ÿ”ธJika engkau diam saja, maka sampah itu akan kembali kepada diri mereka sendiri, tetapi kalau engkau tanggapi, berarti engkau menerima sampah itu.โ€

โ€œHari ini begitu banyak orang di jalanan yg hidup dengan membawa sampah di hatinya (sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian, dan lainnya), maka jadilah kita orang yg BIJAKโ€

๐Ÿ”ธSang Guru melanjutkan nasehatnya :
*โ€œJika engkau tak mungkin memberi, janganlah mengambilโ€*

*โ€œJika engkau terlalu sulit untuk mengasihi, janganlah membenciโ€*

*”Jika engkau tak dapat menghibur orang lain, janganlah membuatnya sedihโ€*

*โ€œJika engkau tak bisa memuji, janganlah menghujatโ€*

*โ€œJika engkau tak dapat menghargai, janganlah menghinaโ€*

*โ€œJika engkau tak suka bersahabat, janganlah bermusuhanโ€*

Alhamdulillah Hari Jum’at hadir kembali mari membaca srt al kahfi, memperbanyak doa, istighfar, sholawat dan sodaqoh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Pesan Seorang Ayah

๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป๐ŸŒป
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Pesan Seorang Ayah*

Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kepada kedua anaknya :

โ€œAnakku, dua pesan penting yg ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu; Pertama: jangan pernah menagih piutang kepada siapapun; Kedua: jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsungโ€

5 tahun berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnisnya sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya โ€œWahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian?โ€ Si Sulung menjawab : โ€œSaya mengikuti pesan ayah bu โ€ฆ !!??
Pesan yang Pertama Saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yg tidak dibayar dan lamaยฒ habislah modal saya. Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi.

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya.
Sang ibu pun bertanya โ€œWahai anak bungsuku, hidupmu sedemikian beruntung, apa rahasianya โ€ฆ?โ€ Si bungsu menjawab : โ€œIni karena saya mengikuti pesan ayah bu. Pesan yg pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu saya tidak pernah memberi hutang kepada siapapun tetapi saya beri sedekah sehingga modal saya menjadi berkahโ€. Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yg saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih soreโ€.

Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masingยฒ memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yang berbeda sehingga mendapatkan HASIL yang berbeda pula.

Hati-hatilah dg Mindset kita..

Mindset positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberi hasil menghancurkan.

*The choice is yours!*

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

IKHLAS ITU…..

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*IKHLAS ITU*

Menentukan diterima atau tidak diterimanya aktivitas kita sebagai ibadah,
Karenanya pastikan ia senantiasa menyertai setiap aktivitas kita

*๐Ÿ”ธIkhlas ituโ€ฆ.* Ketika nasehat, kritik dan bahkan fitnah, tidak mengendorkan amalmu dan tidak membuat semangatmu punah.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* Ketika hasil tak sebanding usaha dan harapan, tak membuatmu menyesali amal dan tenggelam dalam kesedihan.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* Ketika amal tidak bersambut apresiasi sebanding, tak membuatmu urung bertanding.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* Ketika niat baik disambut berbagai prasangka, kamu tetap berjalan tanpa berpaling muka.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* Ketika sepi dan ramai, sedikit atau banyak, menang atau kalah, kau tetap pada jalan lurus dan terus melangkah.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* ketika kau lebih mempertanyakan apa amalmu dibanding apa posisimu, apa peranmu dibanding apa kedudukanmu, apa tugasmu dibanding apa jabatanmu.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas itu…* ketika ketersinggungan pribadi tak membuatmu keluar dari barisan dan merusak tatanan.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* ketika posisimu di atas, tak membuatmu jumawa, ketika posisimu di bawah tak membuatmu enggan bekerja.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* ketika khilaf mendorongmu minta maaf, ketika salah mendorongmu berbenah, ketika ketinggalan mendorongmu mempercepat kecepatan.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* ketika kebodohan orang lain terhadapmu, tidak kau balas dengan kebodohanmu terhadapnya, ketika kedzalimannya terhadapmu, tidak kau balas dengan kedzalimanmu terhadapnya.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ* ketika kau bisa menghadapi wajah marah dengan senyum ramah, kau hadapi kata kasar dengan
jiwa besar, ketika kau hadapi dusta dengan menjelaskan fakta.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas ituโ€ฆ*
Gampang diucapkan, sulit diterapkanโ€ฆ.. namun tidak mustahil diusahakanโ€ฆ.

*๐Ÿ”ธ Ikhlas itu…* Seperti surat Al Ikhlas.. Tak ada kata ikhlas di dalamnya…

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Bahagia dan Kesuksesan

๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Bahagia dan Kesuksesan*

*Saudara dan Sahabatku…*
Sukses itu penting,
*tapi* bahagia itu lebih penting.

*Bahagia* sangat identik dengan kesuksesan,
*tapi* sukses belum tentu membawa kebahagiaan.

*Bahagia dan sukses* akan menjadi bermakna
*jika* kita mendekat kepada Alloh yang memberikan kebahagiaan dan kesuksesan.

*Apa yang ada di sisimu* akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Alloh adalah kekal.
*Dan sesungguhnya* Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakanโ€
*(QS.An-Nahl : 96*

โ€œYang namanya kaya (ghinaโ€™) *bukanlah* dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia).
*Namun* yang namanya ghinaโ€™ adalah hati yang selalu merasa cukup.โ€
*(HR. Bukhari-Muslim)*

*Tetep semangat…!*
_Semoga perjalanan hidup panjenengan senantiasa dikaruniai Alloh Ta’ala sukses dan bahagia selalu_

*Jangan lupa tersenyum*
*Jangan lupa bahagiakan orang lain*

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Catatan usai berqurban

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Catatan Usai Berqurban*

Ismailmu mungkin hartamu
Ismailmu mungkin mobilmu
Ismailmu mungkin rumahmu
Ismailmu mungkin tanah pekaranganmu
Ismailmu mungkin pekerjaanmu
Ismailmu mungkin jabatanmu
Ismailmu mungkin gelarmu

Ismailmu adalah sesuatu yang engkau _sayangi_ dan kau _pertahankan_ di dunia ini…

Maka apapun yang ada di dunia ini yang engkau cintai dan engkau miliki, janganlah menjadikanmu lalai terhadap cintamu kepada Alloh Azza wa Jalla…

Sesungguhnya Nabi Ibrahim AS tidak diperintah Alloh Azza wa Jalla untuk membunuh Nabi Ismail AS, Nabi Ibrahim AS hanya diminta Alloh Azza wa Jalla untuk membunuh rasa _kepemilikan_ terhadap Nabi Ismail AS.

Karena hakikatnya semua adalah milik Alloh Azza wa Jalla…

Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta’ala menganugrahkan Keshalihan Nabi Ibrahim AS dan Keihlasan Nabi Ismail AS kepada kita semua, agar kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita…

Nikmat yang kita terima begitu banyak…
shalat dan berkurban adalah tanda rasa syukur kita…

Bukan dagingnya bukan pula darahnya yang sampai kepada Alloh Ta’ala, namun kepatuhan dan taqwa kita atas perintah yang akan kita terima…

Mulia bukan karena harta dan rupa…
kemulian itu
Ketaqwaan kepada Alloh Ta’ala.

_”(ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam Neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung, dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, โ€œInilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”_
(QS. At-Taubah 9:35).

Semoga Alloh Azza wa Jalla mengaruniakan hidayahNya kepada kita, sehingga kita tetap istiqamah untuk senantiasa mampu menghilangkan rasa _kepemilikan_ kita atas segala hal dengan ikhlas berqurban, karena sesungguhnya Alloh Azza wa Jalla Sang Pemilik segala hal itu.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Selamat Hari Raya Idul Adha

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Selamat Hari Raya Idul Adha*

*Selamat hari Ayah sejagat raya.*
Karena hari ini, ketaqwaan seorang ayah dibenturkan dengan kecintaannya pada anak laki-laki semata wayang.
Anak laki-laki yang beribu-ribu purnama dinantikan.
Anak laki-laki yang selama ini terpisah, tumbuh tanpa belaian tangan ayah..
Terpisah, dan telah dia titipkan pada Illahi.

*Selamat Hari Anak Sejagat Raya.*
Karena hari ini kepercayaan seorang anak kepada ayah telah diuji.
Bahwa tempat, jarak dan waktu tidaklah memisahkan hubungan ayah dan anak, karena diantara mereka ada kepercayaan.
Percaya kepada Alloh adalah keimanan. Percaya pada hubungan, adalah pengharapan dan kecintaan.

*Selamat Hari Istri dan Hari Ibu Sejagat Raya.*
Karena hari ini, kepercayaan seorang istri diuji. Ditinggalkan dipadang tandus sendirian. Tiada bekal tiada tempat tinggal. Karena kepada Alloh, suaminya telah menitipkan.
Karena hari ini ketangguhan seorang ibu diuji. Karena anaknya yang sekarat kehausan, sedangkan air susunya pun telah lama kering. Ikhtiar atas kepasrahannya pada Alloh membuatnya berlari dari dua puncak bukit pasir.

Perkenankan saya menyebutnya pula sebagai Hari Keluarga Sejagat Raya. Karena hari ini berturut-turut sebuah keluarga telah diuji. Ujian ketangguhan sebuah keluarga dalam mengarungi kesulitan tiap kesulitan.

*Selamat Hari Raya Idul Adha.*
*Selamat Hari Raya Qurban*

Dihari ini manusia dari penjuru dunia kembali ke rumahNya. Menyerukan keagungannya. Pada hari ini, manusia dari segala penjuru bertakbir, menyerukan kebesaranNya.

*Idul Adha….*
Adalah hari ayah, hari anak, hari ibu sejagat raya. Selamat Hari Raya Idul Adha.

*Mohon Maaf Lahir dan Bathin*

Semoga kita bisa meniru keteladanan Nabi Ibrahim.AS, Ibu Siti Hajar dan Nabi Ismail.AS.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

ByHasbi Maula

Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha*

Umat Islam memiliki dua Hari Raya besar dalam setiap tahunnya. Keduanya adalah Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Apakah yang menjadi perbedaan keduanya?

1โƒฃPastinya waktu dari kedua hari raya ini beda, kalau hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada bulan bulan syawal tepatnya 1 syawal setelah bulan ramadhan, hari raya Idul Adha dilaksanakan pada 10 Dhulhijjah tepatnya ketika umat muslim seluruh dunia sedang melakukan ibadah Haji.

2โƒฃPada lebaran Idul fitri takbiran lebih pendek dimulai malam setelah magrib akhir bulan ramadhan hingga sebelum sholat Ied, sedangkan di Idul adha lebih panjang waktunya, dari mulai shubuh hari arofah hingga akhir hari tasyriq menjelang Ashar.

3โƒฃSaat lebaran Idul Adha disunnah untuk berpuasa hingga setelah sholat Ied, sedangkan pada lebaran Idul Fitri dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum sholat Ied mungkin ini karena kita telah berpuasa sebulan penuh di lebaran Idul Fitri ini

4โƒฃShalat Idul Adha dianjurkan agar dilaksanakan lebih pagi sehingga dapat dilanjutkan prosesi penyembelihan hewan qurban, sedangkan pada shalat Idul Fitri dianjurkan tidak terlalu pagi untuk memberi kesempatan mereka yang hendak membayar zakat fitrah.

Semoga kita senantiasa bisa terus memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan tetap istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘