Hari Pahlawan 10 Nopember

ByHasbi Maula

Hari Pahlawan 10 Nopember

🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:
*Hari Pahlawan 10 Nopember*

Kisah ini terjadi puluhan tahun yang lalu, di kota perjuangan, Surabaya. Di malam 30 Oktober 1945, Jendral Mallaby dari pihak inggris terlibat baku tembak dan meninggal ditempat. Jendral pengganti mengeluarkan ultimatum yang berisi agar seluruh rakyat Indonesia menyerahkan senjata kepada pihak inggris.

Rakyat Surabaya yang menolak untuk memberikan senjata mereka hingga batas akhir yang ditetapkan oleh inggris yaitu tanggal 10 November 1945 akhirnya terbakar semangatnya untuk melawan dengan membakar. Akibatnya, Surabaya digempur dari berbagai sisi.
Tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar tiga puluh ribu infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Inggris kemudian membombardir kota Surabaya dengan meriam dari laut dan darat. Perlawanan pasukan dan milisi Indonesia kemudian berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Terlibatnya penduduk dalam pertempuran ini mengakibatkan ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut, baik meninggal maupun terluka.

Di luar dugaan pihak Inggris yang menduga bahwa perlawanan di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo tiga hari, para tokoh masyarakat seperti pelopor muda Bung Tomo yang berpengaruh besar di masyarakat terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya sehingga perlawanan terus berlanjut di tengah serangan skala besar Inggris.

Pada tahun 2019 ini, kita sebagai bangsa merupakan pelopor perubahan yang seharusnya dapat mewarisi semangat dari para pahlawan terdahulu. Memang semangat para pejuang tidak secara langsung kita gunakan , tapi banyak hal yang dapat kita lakukan demi perubahan bangsa ini. Karya positif, prestasi, bahkan kontribusi sekecil apapun untuk membangun bangsa ini.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai semangat para pahlawannya.

Bangsa yang kuat dan berdaulat adalah bangsa yang memiliki semangat juang dari para pahlawannya.

Jadilah insan yang memiliki semangat perjuangan untuk membangun Indonesia yang progresif dan bermanfaat !

*Selamat Hari Pahlawan!*
Atas pertolongan Alloh Ta’ala, para Pahlawan Bangsa dan seluruh Bangsa Indonesia, kita Merdeka.
Mari kita isi dengan kemanfaatan diri dari berbagai disiplin ilmu, saling asah, asih dan asuh antar sesama.

*INDONESIA HARUS LEBIH BAIK, MAJU, MAKMUR & BERDAULAT*

Semoga kita terus bisa istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

About the author

Hasbi Maula editor

Leave a Reply