Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha

ByHasbi Maula

Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha*

Umat Islam memiliki dua Hari Raya besar dalam setiap tahunnya. Keduanya adalah Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Apakah yang menjadi perbedaan keduanya?

1โƒฃPastinya waktu dari kedua hari raya ini beda, kalau hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada bulan bulan syawal tepatnya 1 syawal setelah bulan ramadhan, hari raya Idul Adha dilaksanakan pada 10 Dhulhijjah tepatnya ketika umat muslim seluruh dunia sedang melakukan ibadah Haji.

2โƒฃPada lebaran Idul fitri takbiran lebih pendek dimulai malam setelah magrib akhir bulan ramadhan hingga sebelum sholat Ied, sedangkan di Idul adha lebih panjang waktunya, dari mulai shubuh hari arofah hingga akhir hari tasyriq menjelang Ashar.

3โƒฃSaat lebaran Idul Adha disunnah untuk berpuasa hingga setelah sholat Ied, sedangkan pada lebaran Idul Fitri dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum sholat Ied mungkin ini karena kita telah berpuasa sebulan penuh di lebaran Idul Fitri ini

4โƒฃShalat Idul Adha dianjurkan agar dilaksanakan lebih pagi sehingga dapat dilanjutkan prosesi penyembelihan hewan qurban, sedangkan pada shalat Idul Fitri dianjurkan tidak terlalu pagi untuk memberi kesempatan mereka yang hendak membayar zakat fitrah.

Semoga kita senantiasa bisa terus memperbaiki ibadah kpd Alloh Ta’ala, dan tetap istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

About the author

Hasbi Maula editor

Leave a Reply