• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

ADIL

ADIL

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
ADIL

Alloh Ta’ala menyukai orang-orang yang mampu bersikap adil. Adil dalam hal ini adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya, sesuai ukuran dan kadarnya. Dalam Al-Qurโ€™an surah An-Nahl ayau 90 disebutkan bahwa,
โ€œSesungguhnya Alloh menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kerabat, dan Alloh melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusushan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.โ€

Tak hanya adil terhadap sesama, kita juga harus bisa adil terhadap diri sendiri. Artinya memperhatikan dan menyayangi diri sendiri dengan kadar yang hanya kita sendiri yang tahu. Adil terhadap diri sendiri berbeda dengan egois, yang mengarah kepada keuntungan diri sendiri.

Menjaga diri untuk menjauhi perbuatan dosa, makan makanan yang halal hingga memberikan tubuh waktu untuk beristirahat juga termasuk perilaku adil terhadap diri sendiri.

Berikut ini beberapa manfaat adil terhadap diri sendiri.

1๏ธโƒฃMeningkatkan ketakwaan

Berlaku adil merupakan perilaku yang dekat dengan takwa. Dengan kita berlaku adil, maka insyaa Alloh kita akan termasuk dalam golongan orang-orang yang takwa.

Sebagaimana dalam surah Al-Maidah ayat 8, “Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Alloh, sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.โ€

2๏ธโƒฃMenjadi lebih tenang dan bahagia

Ketika kita bisa berlaku adil terhadap diri sendiri dalam artian mengerti batasan toleransi tubuh dan tidak memaksakan suatu hal ke dalam diri sendiri, maka hidup kita akan lebih tenang. Memahami hak dan kewajiban diri juga akan membuat kita lebih bahagia.

3๏ธโƒฃSarana introspeksi diri

Saat kita berlaku adil, kita akan tahu kesalahan yang kita perbuat. Dengan tidak menyangkalnya, maka hati kita akan terbuka mengoreksi diri sendiri, sehingga kemudian memperbaikinya dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

4๏ธโƒฃMembuka pintu rezeki

Salah satu perilaku adil terhadap diri sendiri adalah memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Istirahat merupakan kebutuhan bagi tubuh setelah menunaikan kewajibannya bekerja.

Sebagaimana dalam surah Yunus ayat 67, โ€œDialah yang menjadikan malam bagimu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Alloh).โ€

Dengan beristirahat, tubuh kita akan optimal ketika bekerja. Hal ini akan membukakan pintu rezeki.

5๏ธโƒฃMenumbuhkan sifat jujur

Adil terhadap diri sendiri juga membuat kita lebih jujur terhadap diri sendiri. Sikap yang jujur kepada diri sendiri juga akan membuat kita jujur terhadap orang lain, dan membuat diri semakin berkualitas.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply