• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Apa itu puasaโ€ฆ.

Apa itu puasaโ€ฆ.

๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Apa itu puasaโ€ฆ.

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri. Sedangkan menurut istilah syariat, puasa adalah menahan diri (dengan niat beribadah) dari makan, minum, bersetubuh dan hal-hal lain yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari

Keutamaan Puasa
Rasululloh Shalallahu ‘alaihi salam bersabda :
Rabb kita ‘Azza Wa Jalla berfirman,
“Puasa adalah perisai yang seorang hamba gunakan untuk perlindungan dari api neraka, dan (puasa itu) untuk-Ku maka Aku sendirilah yang akan membalasnya”
(HR.Ahmad no 14142)

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi salam bersabda:
“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada hari qiyamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka. Mana para shaimun,bmaka para shaimun berdiri menghadap. Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya,maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut”
(HR.Bukhori no 1896)

Pihak Yang Wajib & Tidak Wajib Berpuasa
โžก Pihak Yang Wajib Berpuasa
Para ulama telah sepakat bahwa puasa wajib dikerjakan oleh orang Islam, berakal, baligh, sehat dan berada dikampung halaman (tidak sedang bepergian/safar). Untuk perempuan ditambah lagi satu syarat, yaitu suci dari haid dan nifas.

โžก Pihak Yang Tidak Wajib Berpuasa
Puasa tidak wajib atas orang kafir, orang gila, anak kecil, orang sakit, musafir (orang yg sedang bepergian), perempuan yang haid dan nifas, orang tua renta, perempuan hamil & perempuan menyusui.
(Fiqih Sunnah hal 216)

Wallahu a’lam bish-shawab.

Kita tinggkatkan terus ibadah kita kpd Alloh Ta’ala.
Semoga pandemi covid ini segera berlalu.
Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
@sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply