• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Sejenak Pagi

Mendidik buah hati ala Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam

🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂🍂
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Mendidik buah hati ala Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam

Pada intinya, setiap orang tua ingin agar anak-anaknya memperoleh pendidikan yang lebih baik. Akan tetapi, pendidikan pada hakikatnya tidak hanya berlangsung di sekolah. Orang tua tetap berperan sentral dalam mendidik anak-anak. Hal inilah yang hendaknya tidak dilupakan.

Sebagai seorang Muslim, sudah sepantasnya untuk mengambil pelajaran dari kehidupan Rasululloh Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam. Segala segi kepribadian beliau dapat menjadi teladan. Termasuk dalam hal menjadi orang tua yang baik.

Merujuk buku ‘Mendidik Buah Hati Ala Rasulullah’ karya Azizah Hefni, Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam memiliki tujuh orang anak. Enam di antara mereka lahir dari rahim Siti Khadijah. Putra pertama beliau bernama Qasim, yang meninggal dunia saat berusia dua tahun lantaran sakit. Tak lama setelah Qasim, lahirlah Abdullah. Namun, Abdullah juga wafat saat masih berusia balita.

Putri-putri Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam berjumlah empat orang. Mereka adalah Zainab, Rukayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Adapun dari istri beliau shalallahu ‘alaihi wasallam yakni Maria Qibtiyah, Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam memperoleh anak laki-laki bernama Ibrahim. Hanya saja, putranya itu wafat saat berusia belasan bulan.

Di antara cara Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam dalam mendidik setiap buah hatinya ialah memperkenalkan tauhid sedari dini. Dengan begitu, di dalam diri mereka akan tumbuh sifat tunduk dan pasrah terhadap Alloh Ta’ala. Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam bahkan mengajarkan tauhid kepada anak-anaknya sebelum risalah kenabian datang kepadanya.

Setelah beliau diangkat menjadi utusan Allah, anak-anaknya pun kian patuh dan berbakti. Mereka memahami betul bahwa perintah ayahnya berasal dari wahyu Rabb. Sebagai contoh, ketika diperintahkan untuk hijrah mengikuti suaminya, Utsman bin Affan, ke Habasyah, Rukayyah menjalani dengan setulus hati dan kesabaran. Anak-anak Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam juga tegar saat menyertai dakwah Islam yang penuh rintangan selama di Makkah pada masa pra-hijrah ke Yastrib (Madinah). Mental yang kuat itu ditunjang oleh keyakinan tauhid yang mengakar di dalam sanubari mereka.

Setelah menanamkan jiwa tauhid, hal berikutnya adalah melibatkan anak-anak dalam kajian keilmuan agama. Saat sudah hijrah ke Madinah, Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas sosial kaum Muslimin. Di sanalah beliau menyelenggarakan shalat, majelis ilmu, dan perbagai kegiatan lainnya terkait maslahat umat. Majelis Rasululloh sholallahu ‘alaihi wasallam terbuka bagi siapapun, termasuk kaum perempuan. Putri-putri Nabi sholallahu ‘alaihi wasallam sering mengikuti kajian yang diselenggarakan di Masjid Nabawi.

Membiasakan anak-anak menghadiri kajian ilmu tentu mensyaratkan adanya kecintaan dari diri orang tua sendiri terhadap thalab al-‘ilm. Jangan sampai orang tua enggan meluangkan waktu untuk mengajak seluruh anggota keluarga menyimak kajian-kajian agama.

Salah satu bentuk pendidikan bagi anak-anak adalah teguran. Ketika mereka berbuat kesalahan, orang tua mesti mengingatkannya dengan cara-cara yang baik. Sebagai contoh, ketika Rasululloh sholallahu ‘alaihi wasallam melihat putrinya, Fatimah, mengenakan kalung emas. Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam menyiratkan rasa tidak suka di wajahnya. Fatimah yang menyadari hal itu segera pamit, untuk kemudian menjual kalung emas itu. Uang hasil dari penjualan dibelikannya seorang budak, tetapi hanya untuk dimerdekakan. Begitu kembali kepada sang ayah, Fatimah menjelaskan keadaannya sekarang. Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam menunjukkan raut wajah gembira.

Tampak bahwa Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam mengoreksi perilaku anaknya tanpa perlu berkata kasar, marah-marah, apalagi sampai menggunakan kekerasan fisik. Di sisi lain, Fatimah sebagai anaknya juga memiliki kepekaan terhadap suasana hati orang tuanya. Mengapa bisa demikian? Menurut Azizah Hefni, Fatimah sejak kecil dididik oleh ayahnya untuk bersikap patut. Seorang anak hendaknya sejak dini dibimbing untuk memilah dan memilih perbuatan yang baik, bermanfaat, dan adil. Bila seorang anak sudah terbiasa memiliki rasa malu untuk berbuat salah, maka harapannya di tengah masyarakat nanti dia akan enggan melakukan segala hal yang bertentangan dengan norma-norma.

Pada akhirnya, kasih sayang dapat menjadi cara efektif untuk mendidik anak. Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam mencontohkannya. Beliau mengucapkan salam terlebih dulu saat lewat di hadapan anak-anak. Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bahkan ikut bermain, berbagi makanan, mencium, dan menggendong anak-anak.

Dikisahkan oleh Ibnu Umar, sebagaimana riwayat Bukhari, Rasulullah sholallohu ‘alaihi wasallam sedang bersama sekelompok orang dewasa. Di tempat yang sama, ada juga Ibnu Umar yang kala itu masih anak-anak. Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam lantas mengajak mereka, termasuk Ibnu Umar, untuk bermain tebak-tebakan.

Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam tidak pernah membiarkan anak-anak terabaikan. Karena itu, beliau membolehkan jamaah untuk mengajak anak-anak hadir dalam majelis atau perayaan yang dibolehkan syariat.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

9 JURUS SABAR DARI RASULULLOH sholallohu ‘alaihi wasallam (2)

🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀🍀
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
9 JURUS SABAR DARI RASULULLOH sholallohu ‘alaihi wasallam (2)

5️⃣Yakinlah bahwa kesabaranmu akan membuahkan pahala surga.

Anas bin Malik ra meriwayatkan,”
Aku mendengar Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Alloh berfirman, ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya’.”
(HR. Bukhari)

6️⃣Jadikan kisah para nabi sebagai teladan.
Sabar merupakan sifat yang dimiliki oleh para nabi.

Abdullan bin Mas’ud menuturkan,
”Seakan-akan aku memandang Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam menceritakan salah seorang nabi, yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah, kemudia ia mengusap darah dari wajahnya seraya berkata,
‘Ya Alloh ampunilah dosa kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.”
(HR. Bukhari).

Alloh Ta’ala berfirman,
“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka…”
(QS Al-Ahqaf: 35)

7️⃣Kuasailah dirimu sendiri.
Ingatlah bahwa kesabaran merupakan ciri orang yang kuat.

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan emosinya ketika marah.”
(HR. Bukhari).

Alloh Ta’ala berfirman,
“…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.”
(QS Al-Baqarah: 177)

8️⃣Hapuslah dosamu dengan kesabaranmu.

Ingatlah bahwa musibah, penderitaan dan cobaan yang engkau terima adalah cara Alloh Ta’ala untuk menyucikan dirimu.

Kesabaran juga dapat menghapuskan dosa yang pernah kita miliki.

Abu Hurairah ra. menuturkan bahwa Rasulullan sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Tidaklah seorang Muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Alloh akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut.”
(HR. Bukhari & Muslim)

9️⃣Janganlah berputus asa.
Harapan itu selalu ada hingga kematian tiba.

Maka, kuatkan jiwamu dengan berdoa dan shalatmu.
Karena doa adalah senjata paling dahsyat yang telah diwasiatkan Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam baik orang yang beriman.

Anas bin Malik ra meriwayatkan bahwa Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yang menimpanya.
Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya, hendaklah ia berdoa,
‘Ya Alloh, teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku. Dan wafatkanlah aku, sekiranya itu lebih baik bagiku.”
(HR. Bukhari Muslim).

Alloh Ta’ala berfirman,
“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Alloh dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Alloh beserta orang-orang yang sabar.”
(QS Al-Baqarah [2]: 153)

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

9 JURUS SABAR DARI RASULULLOH sholallohu ‘alaihi wasallam (1)

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
9 JURUS SABAR DARI RASULULLOH sholallohu ‘alaihi wasallam (1)

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam An-Nawawi mencantumkan 29 hadits yang memuat tentang kesabaran.

Ilmu sabar yang diajarkan oleh Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam begitu banyak, baik yang dicontohkan melalui perkataan, perbuatan ataupun keputusan-keputusan beliau.

Kita juga menjumpai 103 kali kata “sabar” disebut Alloh Ta’ala dalam Al-Qur’an, baik berbentuk isim (kata sifat) maupun fi’il nya (kata kerja).

Sabar merupakan bagian dari maqam tasawuf yang harus diamalkan bagi seorang selalu berusaha mencari ridha Alloh Ta’ala.

Hanya kekasih-kekasih Alloh-lah yang memiliki sifat sabar dalam dirinya.

1️⃣Tangkaplah cahaya Ilahi dengan kesabaran.
Kesabaran bagi diri manusia merupakan “dhiya’” (cahaya yang amat terang).
Karena dengan kesabaran inilah, seseorang akan mampu menyingkap kegelapan hidup di dunia.

Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam mengungkapkan,
“…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…”
(HR. Muslim) .

2️⃣Melatih kesabaran dalam jiwa secara terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan.
Dan, yakinlah bahwa Alloh Ta’ala selalu bersamamu.

Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam pernah menggambarkan:
“…barang siapa yang mensabar-sabarkan diri (berusaha untuk sabar), maka Alloh akan menjadikannya seorang yang sabar…”
(HR. Bukhari).

Alloh Ta’ala berfirman,
“Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Alloh itu beserta orang-orang yang sabar.”
(QS Al-Anfal: 46)

3️⃣Mintalah kepada Alloh Ta’ala agar Dia memberi kesabaran.
Kesabaran merupakan anugerah Alloh Ta’ala yang paling baik.
Jadi, engkau harus meminta kepada-Nya.
Tanpa anugerah-Nya, engkau tak pernah bisa bersabar dalam arti yang sesungguhnya.

Rasululloh sholallohu ‘alaihi wassalam bersabda,
“…dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran.”
(Muttafaqun Alaih)

4️⃣Jadikan sifat sabar sebagai indentitas keimanan dan keislamanmu.

Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin yang dicintai Alloh Ta’ala.

Ajaklah kalbumu untuk meneguhkan keimanan bahwa kesabaran adalah harga mati kekuatan iman dalam dirimu.

Rasululloh sholallohu ‘alaihi wassalam bersabda,
“Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik.
Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengatahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya.
Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya.”
(HR. Muslim).

Alloh Ta’ala berfirman,
“Dan Alloh mencintai orang-orang yang sabar.”
(QS Ali Imran: 146)

BERSAMBUNG……

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam (2)

❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:
Kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam (2)

3⃣meneguhkan kecintaan kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam. Cinta Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam bisa saja pudar seiring berjalannya waktu. Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang. Oleh sebab itu, peneguhan kecintaan kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam merupakan sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan. Kecintaan pada utusan Alloh Ta’ala ini harus berada di atas segalanya, melebihi kecintaan pada anak dan istri, kecintaan terhadap harta, kedudukannya, bahkan kecintaannya terhadap dirinya sendiri.

Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah sempurna iman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orangtua dan anaknya”
(HR. Bukhari)

Hadits ini menegaskan bahwa ketika cinta kita kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam tidak lebih besar dari cinta kita kepada makhluk, maka kita tidak masuk dalam kategori orang beriman yang sempurna.

Hikmah ini bisa dijadikan pedoman bahwa di tengah semua kesibukan kerja dan aktivitas di dunia modern, kita tetap memegang teguh hal-hal yang diajarkan oleh Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam dan membuang jauh godaan untuk melakukan hal yang dilarang oleh Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam.

4⃣membiasakan membaca shalawat. Alloh Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Azhab ayat 56,
“Sesungguhnya Alloh Ta’ala dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.”

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini dengan menyatakan bahwa Imam Bukhari mengatakan, Abul Aliyah telah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan shalawat dari Alloh Ta’ala ialah pujian-Nya kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam di kalangan para malaikat, dan shalawat dari para malaikat ialah doa mereka untuknya. Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yushalluuna ialah memberikan keberkahan. Demikianlah menurut apa yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari secara ta’liq (memakai komentar) yang bersumber dari keduanya (Abul Aliyah dan Ibnu Abbas).

Salah satu hikmah Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam adalah pengingat bagi umat untuk terus mengucapkan shalawat kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam di berbagai aktivitas, sehingga semua aktivitas kita bisa terus terkontrol karena terus ingat Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam. Dengan demikian, semua aktivitas kita bisa memeroleh keberkahan dari Alloh Ta’ala.

5⃣momen pengharapan syafaat Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam. Arti kata syafaat adalah perantaraan. Makna syafaat adalah pertolongan pihak ketiga kepada pihak yang membutuhkannya dalam rangka memberikan suatu manfaat atau menolak suatu mudharat. Rasululloh bisa memberikan syafaat, sebagaimana hadits beliau, “Syafaatku untuk umatku yang ahli dosa besar ”
(HR.Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, Imam Ahmad, Imam Hakim, dan lain-lain).

Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “ Setiap Nabi mempunyai doa yang mustajabah, maka setiap Nabi doanya dikabulkan segera, sedangkan saya menyimpan doaku untuk memberikan syafaat kepada umatku di hari kiamat. Syafaat itu insya Alloh diperoleh umatku yang meninggal tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun”
(HR. Imam Muslim, Imam Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, dan Imam Ahmad).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam mengandung hikmah dalam kehidupan modern bahwa kecintaan, kegembiraan, keimanan dan keteladanan terhadap akhlak Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam di segala hal baik urusan akidah, syariah maupun akhlak, bisa menyebabkan umatnya memeroleh syafaat kelak di hari akhir.

6⃣mengingatkan pesan beliau sebelum wafat. Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam bersabda menjelang berhembusnya nafas terakhir beliau, “Aku tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabulloh dan sunnah Nabi-Nya sallallahu alaihi wa sallam”
(HR. Malik).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam mengingatkan kembali kepada umat untuk terus berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan hadits serta tafsirannya berdasarkan metode ushul fiqh yang akurat.

7⃣mengingatkan kembali bahwa Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam sudah wafat dan diteruskan oleh pewaris para nabi, yakni ulama. Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam bersabda,
“Ulama adalah pewaris para nabi ”
(HR At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda ra).

Setelah menegaskan kecintaan kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam, berikutnya adalah kecintaan terhadap pewaris Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam yakni Ulama.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam bisa menjadikan sarana kepada umatnya untuk terus meneladani ulama kontemporer (masa kini) yang memenuhi kriteria sebagai Ulil Amri , oleh karena itu Alloh Ta’ala memerintahkan agar taat kepada Ulil Amri . Salah satu bagian dari Ulil Amri adalah para ulama.

Demikian uraian kelahiran Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam, semoga kita tetap terjaga iman kita untuk terus mencintai dan meneladani akhlakul karimah Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam.

Alhamdulillah hari jum’at, mari membaca al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, berdoa dan sodaqoh.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam (1)

❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:
Kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam (1)

Bulan kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam, peringatan kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam ada dimana mana.

Hikmah dari Maulid Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wasallam yang bisa kita teladani.

1⃣meneladani akhlak dan sifat Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam.

Alloh Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Alloh dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Alloh.”

Ibnu Katsir menafsirkan bahwa ayat tersebut merupakan dalil pokok yang paling besar, yang menganjurkan kepada kita agar mencontoh Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam dalam semua ucapan, perbuatan, dan sepak terjangnya. Oleh karena itu, Alloh Ta’ala memerintahkan kepada kaum mukmin agar mencontoh sikap Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam Ketika Perang Ahzab, yaitu dalam hal kesabaran, keteguhan hati, kesiagaan, dan perjuangannya, serta tetap menanti jalan keluar dari Alloh Ta’ala. Semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sampai hari kiamat.

Selain itu, akhlak Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam adalah cerminan Al-Qur’an. Bahkan beliau sendiri adalah sosok sempurna yang hadir di tengah-tengah umat manusia, membawa kabar gembira, menerangi kegelapan dengan membawa cahaya Islam. Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Aisyah RA tentang akhlak Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam, Aisyah menjawab, “Akhlak Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam adalah Al-Qur’an”
(HR Muslim).

Sungguh, jawaban Aisyah ini singkat, namun sarat makna yang luar biasa. Ia menyifati beliau dengan satu sifat yang dapat mewakili seluruh sifat yang ada.

Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam juga memiliki sifat yang layak diteladani, yakni shiddiq , amanah, tabligh , dan fathonah.
Shiddiq adalah integritas, kejujuran, selalu menjunjung tinggi kebenaran.
Amanah adalah memegang teguh kepercayaan, bisa dipercaya.
Tabligh adalah menyampaikan dengan benar dan baik atas apa yang menjadi perintah Alloh Ta’ala.
Fathanah adalah kecerdasan, kepintaran, ketangkasan.

2⃣ungkapan kecintaan dan kegembiraan kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam. Peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam merupakan salah satu bukti cinta kita kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam. Di berbagai tempat biasanya diadakan pembacaan sirah nabawiyyah dengan iringan hadhrah , mengagungkan Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam dalam Dalam suasana khidmat dan penuh kegembiraan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam ini diharapkan bisa memperdalam cinta kita kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam sehingga umat bisa terus meneladani akhlak beliau oleh karena rasa cinta yang mendalam. Rasa gembira juga bisa menyebabkan bertambahnya rasa iman kepada Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam dan semakin senang menjalankan ajaran agama yang dibawa oleh Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam, yakni agama Islam.

Bahkan selain orang islampun saja mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Diriwayatkan ketika Tsuwaibah, budak perempuan Abu Lahab, paman Nabi, menyampaikan berita gembira tentang kelahiran sang Cahaya Alam Semesta itu, Abu Lahab pun memerdekakannya sebagai tanda suka cita. Ternyata sejak dilahirkan, Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam sudah memberi kemanfaatan dan menyebabkan kegembiraan.

Demikianlah rahmat Alloh Ta’ala terhadap siapa pun yang bergembira atas kelahiran Nabi sallallahu alaihi wa sallam termasuk juga terhadap orang kafir sekalipun. Maka jika kepada seorang yang kafir pun Alloh Ta’ala merahmati karena kegembiraan atas kelahiran Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam, apalagi anugerah Alloh Ta’ala bagi umatnya yang beriman dan bertakwa.

Bersambung….

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Tidak mudah menahami akherat

💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦💦
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Tidak mudah menahami akherat

Saudara dan sahabatku…
Sering kali kita lebih mengutamakan dunia ketimbang akhirat. Terkadang kita menjauh dari akhirat hanya karena ingin mengejar dunia.

Kita telah dibuat buta dan tuli oleh hawa nafsu kita. Senantiasa mengikuti hawa nafsu dan tidak mementingkan agamanya dan tidak mendahulukan ridha Alloh Ta’ala dan Rasul-Nya.

Sungguh jika kita selalu mengikuti hawa nafsu, maka kita akan terseret ke dalam kesesatan, kerusakan, dan kebinasaan.

Alloh ta’ala berfirman,
“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Alloh sedikitpun.”
(QS. Al-Qashshash: 50)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah: Kebakhilan dan kerakusan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan seseorang yang membanggakan diri sendiri.” (Ash-Shahihah, no. 1802)

Semoga Alloh Ta’ala selalu membimbing kita sehingga mampu menundukkan hawa nafsu dengan sebaik-baiknya.
Hanya Alloh Ta’ala tempat memohon pertolongan.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Sifat Rasulullohu Sholallohu ‘alaihi wasallam

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Sifat Rasulullohu Sholallohu ‘alaihi wasallam

Memasuki bulan kelahiran Rasulullohu Sholallohu ‘alaihi wasallam, mari kita mengenal sifat² Beliau.
Mengenali sifat-sifat Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wasallam adalah awal penting jika kita serius ingin mengikuti segala keteladanan beliau. Banyak sekali hadits yang menceritakan sifat-sifat beliau yang sangat luar biasa. Diantara sifat-sifat beliau tersebut adalah sebagai berikut: Baik hati; Jujur; Pemalu; Lemah lembut; Rendah hati; Tidak pernah memberatkan orang lain; Sangat sederhana; Tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan; Suka memaafkan dan merelakan; Penuh kasih sayang; Selalu memberi petunjuk; Selalu tersenyum;

Referensi:
1️⃣Ali bin Abi Thalib (ra) juga meriwayatkan: Rambut Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wasallam lurus dan sedikit berombak. Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegak. Warna kulit beliau cerah, mata beliau hitam dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki beliau. Badan beliau tidak berbulu tebal, tapi hanya bulu-bulu tipis dari dada ke bawah sampai di pusar beliau. Jika beliau sedang berhadapan dengan seseorang, maka beliau akan mengarahkan wajah beliau ke orang tersebut (penuh perhatian). Diantara tulang belikat beliau “tanda” kenabian beliau. Beliau adalah orang yang paling baik hati, orang yang paling jujur, orang yang paling dirindukan dan sebaik-baik keturunan. Siapa saja yang mendekati beliau akan langsung merasa hormat dan khidmat. Dan siapa yang bergaul dengan beliau akan langsung menghargai dan mencintainya. Saya belum pernah melihat orang lain seperti beliau.

2️⃣Abu Sa’id Al-Khudri RA mengatakan:
“Rasululloh itu lebih pemalu daripada gadis dalam pingitan. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, niscaya kami dapat mengetahui ketidak sukaan beliau itu dari wajahnya.”
(HR. Al-Bukhari)

3️⃣Ibnu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasululloh. Beliau mengajak laki-laki itu berbicara sehingga membuatnya menggigil ketakutan. Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya: “Tenangkanlah dirimu! Sesungguhnya aku bukanlah seorang raja. Aku hanyalah putra seorang wanita yang biasa memakan dendeng.”
(HR. Ibnu Majah)

Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah ditanya: “Apakah yang dilakukan Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam rumah?” Ia radhiyallahu ‘anha menjawab:
“Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang manusia biasa. Beliau menambal pakaian sendiri, memerah susu dan melayani diri beliau sendiri.”
(HR. Ahmad dan Tirmidzi)

4️⃣Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan: “Kami, keluarga Muhammad Sholallohu ‘alaihi wasallam tidak pernah menyalakan tungku masak selama sebulan penuh, makanan kami hanyalah kurma dan air.”
(HR. Al-Bukhari)

5️⃣Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan, “Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wasallam bukanlah seorang yang keji dan tidak suka berkata keji, beliau bukan seorang yang suka berteriak-teriak di pasar dan tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Bahkan sebaliknya, beliau suka memaafkan dan merelakan.
(H R. Ahmad)

Semoga kita bisa mengikuti, mentauladani dan masuk pada golongan Rasulullohu sholallohu ‘alaihi wasallam.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Tanpa Menyerah

➡️➡️➡️➡️➡️➡️➡️➡️➡️➡️➡️
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Tanpa Menyerah

Seorg Ibu berkata pd anaknya “Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu, suhu & tekanan yg tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yg diterimanya, semakin tinggi tekanan yg diperolehnya, mk jk dia bisa bertahan, tdk hancur, dia justeru berubah menjadi intan yg berkilau tiada tara. Keras. Kokoh. Mahal harganya.

Sama halnya dg kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yg kita alami, semakin dlm & menyedihkan rasannya, jk kita bisa bertahan, tdk hancur, mk kita akan tumbuh menjadi seseorg berkarakter laksana intan, Keras & Kokoh.

Inilah kehidupan yg senantiasa silih berganti, senang susah, panas dingin, sukses gagal, tertawa menagis, dll.
Inilah yg akan menjadikan diri ini menjadi intan intan kehidupan yg luar biasa.
Alloh akan melihat siapa yg bertahan dikehidupan dg hanya berpegang pada Alloh Ta’ala, itulah sang pemenang sejati.

Alloh Ta’ala berfirman:
“1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
3. yang memberatkan punggungmu?
4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”
(QS. Al Insyirah: 1-8)

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Kecantikan diri….

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Kecantikan diri….

Kecantikan pada akal adalah dengan merenung…

Kecantikan pada lidah adalah dengan diam…

Kecantikan pada wajah adalah dengan ibadah…

Kecantikan pada hati adalah dengan meninggalkan hasad dengki…

Kecantikan pada perbuatan dengan istiqomah…

Kecantikan pada tutur kata adalah dengan perbuatan…

Justeru…
“Disaat Alloh Ta’ala beri macam-macam kelebihan kepada kita, Alloh Ta’ala beri beberapa kekurangan supaya kita tidak sombong dengan kelebihan diri, serta tidak memandang rendah kekurangan orang lain.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

Muhasabah Diri

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Muhasabah Diri

Manusia hanyalah pengendara di atas punggung usianya.
Digulung hari demi hari, bulan, dan tahun tanpa terasa.
Nafas kita terus berjalan seiring jalannya Waktu, setia menuntun kita ke pintu kematian..

Sebenarnya dunialah yang makin kita jauhi dan liang kuburlah yang makin kita dekati.
Satu hari berlalu, berarti satu hari pula berkurang umur kita.

Umur kita yang tersisa di hari ini sungguh tak ternilai harganya, sebab esok hari belum tentu jadi bagian dari diri kita.

Karena itu,
jika hari berlalu tapi tiada Kebaikan dan Kebajikan yang kita lakukan maka akan keringlah batin kita.

Jangan tertipu dengan usia muda, karena syarat untuk mati tidaklah harus tua.
Jangan terperdaya dengan badan sehat, karena syarat untuk mati tidak pula harus sakit.

Teruslah berbuat baik… berkata, berfikir dan berbuat baik dan benar…!
Kritisi semua yang tidak baik pada diri dan sekitar, dengan cara yg baik dan benar.

Walau tak banyak orang yang mengenali kita, tapi kebaikan dan kebajikan yang kita lakukanlah yang akan menuntun kita pada kebahagiaan, dan akan dikenang oleh mereka yang kita tinggalkan.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍