• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Sejenak Pagi

SEDEKAH NON HARTA

๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Sedekah Non Harta*

Sedekah bisa dilakukan dengan hati, harta dan ilmu.
Walaupun tak punya harta, namun kita masih bisa sedekah dari apa yang ada disekitar qta yaitu :
1. Sedekah wajah, mengerjakan segalanya disertai senyuman.

2. Sedekah kata-kata, perbanyak kata penyemangat dan kata yang menghibur.

3. Sedekah hati, bukalah hati untuk orang lain, sehingga org lain mau berbicara, berfikir dan berbuat positif.

4. Sedekah mata, lihatlah orang di sekitar kita dengan pandangan penuh kasih sayang, sehingga muncul rasa positif

5. Sedekah tubuh, bantulah orang lain dengan tenaga kita, tanpa harus melihat siapa dia.
Dan lain lainnya.

Memang Kebajikannya tak terbatas, tak ternilai, mari positif dalam bertutur, berfikir, bicara dan perbuatan dengan hanya berharap Ridho Alloh Ta’ala.

Salam sukses selalu untuk mereka yang senantiasa istiqomah positif dalam tutur kata, pikir dan perbuatan.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

Andai Hari Ini Adalah Hari Terakhirku

๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Andai hari ini adalah hari terakhirku

Kematian silih berganti.
Ada ortu kita, guru2 kita, saudara, sahabat, dan kakak adik kita.
Kematian juga akan menjemput kita.

Andai hari ini adalah hari terakhirku.
Bagi-Mu ya Alloh, kupersembahkan seluruh Cinta, puji dan keagungan.
Sebaik mungkin kan kucoba menebar senyum di wajah seseorang
Tuk berbagi dengan mereka keagungan damai-Mu.

Kan ku kenang segala hal tentang hidupku.
Dan mensyukuri apapun yang ada pada diri ini
Tanpa-Mu takkan ada kejayaan yang dimenangkan.
Jika aku memiliki satu hari sebelum aku mati.
Aku akan memohon maaf kepada setiap insan yang menangis karenaku.
Kan kutarik kembali segala kata kasar yang kuucap pada semua orang.
Kan ku isi hati mereka dengan tawa dan canda.
Jika hidupku tinggal satu hari lagi tak seorangpun kan ku sakiti.
Karena aku mencintai mereka sampai akhir.
Mengapa tak kita jalani setiap hari seakan hari itu yang terakhir.
Untuk menyambut masa depan kita dan melupakan masa lalu.
Dan yang terpenting adalah untuk selalu memberi, bermanfaat & berprestasi.
Tuk kejayaan kini dan nanti.

Salam sukses selalu tuk mereka yang positif dalam tutur kata, pikir dan perbuatan.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

TERINGA RASULULLOH.SAW

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Teringat Rasululloh.SAW

Bila aku tak suka pada rasa makananku aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yg pernah meletakkan batu pada keliling perutnya untuk menahan lapar.

Bila aku merasa pakaian ku cuma sedikit aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang hanya punya dua helai baju seumur hidupnya.

Bila aku merasa tidak nyaman akan tempat pembaringan ku aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang tidur hanya beralas pelepah kurma dan kain kasar dalam hidupnya.

Apabila aku menjadi begitu kikir untuk memberi dan berbagi dengan orang lain .. aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang pernah memberi segala-galanya sehingga dia hampir tiada apa-apa untuk dirinya.

Bila aku fikir betapa miskinnya hidupku, aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang begitu cinta pada orang miskin dan ingin bersama si miskin di syurga, ia menaikkan semangatku

Bila aku kecewa pada mereka yg banyak menyakiti aku, aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang senantiasa memaafkan siapa saja yg berbuat jahat padanya.

“`Bila aku berfikir tentang mereka yg membenci aku, aku teringat pada baginda
Muhammad ๏ทบ yang senantiasa berdoa untuk orang-orang yang telah menghina nya.

“`Bila orang lain tidak berterima kasih pada tiap kebaikan yang aku lakukan pada mereka, aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang mengingatkan aku bahwa ganjaran yg hebat hanya dari Alloh.SWT.

`Bila tiada orang yang menyayangi aku, aku teringat pada baginda Muhammad ๏ทบ yang mencintaiku semenjak beribu tahun dulu.

Apabila aku berfikir betapa sengsaranya hidupku.. aku teringat pada Baginda Muhammad ๏ทบ yang menempuh segala kesulitan hidup demi nikmat Iman dan Islam pada ummatnya yg dicintai & itu bagai cas positif yang menguatkan aku !.

Assalamualaika ya Rasululloh
Assalamualaika ya habiballah ๏ทบ

Selawat dan salam ke atas baginda junjungan besar , contoh terbaik sepanjang zaman.
Terima Kasih Ya Rasululloh untuk nikmat iman dan islam. Syafaatkan daku di akhirat nanti

Kerinduan padamu takkan pernah padam selamanya pada mu Ya Habiballah
Muhammad.SAW
Allahumma sholli wa sallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

FITUR TAMBAHAN

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€

ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:

Kakak kehilangan ponsel beberapa hari yang lalu. Karena duitnya kebetulan lagi menipis, akhirnya ia memutuskan membeli ponsel bekas yang dijual sebuah toko pulsa di seberang jalan. Kebetulan harganya murah.

Ternyata begitu sampai rumah, ponsel itu dicoba kakak gak bisa buat menelepon maupun mengirim sms. Sungguh kecewa dia. Memang sih Androidnya berjalan dengan lancar, tapi apa jadinya sebuah telepon seluler tak bisa menelepon.

Lebih mengecewakan lagi, ponsel tersebut tidak bisa untuk online. Artinya seluruh aplikasi media sosial tidak ada yang berfungsi! Gawat, apa pula yang bisa ia lakukan dengan handphone seperti itu?

Karena tidak terima dengan keadaan barang yang ia beli, kakak kembali ke toko semula.

“Mbak, ini hape yang barusan kakak beli tidak bisa nelpon, sms, facebokan, nonton youtube, gak bisa ngapa-ngapain ini sih Mbak!”

“Sabar kak, kan hape ini masih bisa buat lihat kalender. Dipakai untuk setel alarm juga masih normal kak,”

“Itu sih fitur tambahan saja Mbak. Yang saya tanya fungsi utama hape ini! Hape kan dibeli buat telpon sama buat online, masa fungsi utamanya kaga jalan, gimana jadinya? Kakak kecewa kalo gini jadinya nih Mbak!”

“kakak kecewa?”

“Lah iya, masa harus ngomong dua kali kalo kakak kecewa!”

“Nah kakak juga harus inget tuh, bahwa manusia juga diciptakan punya fungsi utama di dunia ini, yaitu buat ibadah. Kalo fungsi utamanya tidak jalan, gimana jadinya? Menurut kakak, Sang Pencipta yang telah menciptakan kakak kecewa apa tidak?”

Ya Alloh, mendengar ucapan itu bagai dikagetin geledek di siang bolong buat kakak! Selama ini ia ngerasa hidup cuma sibuk-sibuk tidak jelas sampai lupa sholat, lupa ngaji. Padahal semua itu cuma fungsi tambahan saja.

Justru fungsi utama kakak hidup di dunia ini untuk beribadah. Ibarat hape, kakak cuma jadi hape yang bisa dipake untuk kalender sama alarm doang. Gak bisa telpon, sms, apalagi online.

Dalam hati kakak berterimakasih sama nasehat itu. Kena banget sama dirinya. Apalagi tiba-tiba terbayang wajah umi, karena dulu sekali umi pernah bacain sebuah ayat untuk kakak buat jadi pegangan hidupnya. Duh, jadi kangen sama umi.

โ€œDan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.โ€
(QS.Adz-Dzariyat: 56)

Mari saudara dan sahabatku, kita melakukan yg diperintahkan Alloh Ta’ala dan menjauhi larangan Alloh Ta’ala.

Semoga kita bisa terus istiqomah senantiasa bertutur, berfikir dan berbuat yg baik, beribadah dg penuh keikhlasan berharap ridho Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat

__________________________

Kunjungi: Coach Your Life

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

COBAAN ATAU UJIAN

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Cobaan atau Ujian

โ€œNabi Shalallahu alaihi wasallam ditanya: Siapakah yang paling besar cobaan/ujiannya. Beliau menjawab: Para Nabi, kemudian yang lebih menyerupai mereka, kemudian yang lebih menyerupai merekaโ€
(HR. Tirmidzi)

Kalau demikian keadaannya, maka kita berbesar hati dengan cobaan yang menimpa kita, karena semakin banyak cobaan semakin tinggi derajat dan kedudukan kita. Para Nabi alaihimussalam paling banyak dan besar cobaannya, maka paling tinggi kedudukannya.

Hal lain yang perlu kita ingat, bahwa setiap cobaan atau ujian yang menimpa kita, tidak lepas dari dua hal:

[1] Jika kita orang yang baik, maka itu menjadi tambahan pahala kita.

[2] Jika kita banyak lalai, itu menjadi peringatan atas kita dan menjadi sebab berkurangnya dosa kita.

Dari kedua sisi di atas; semuanya baik.

Oleh karena itu, hadapilah ujian hidup anda sebagaimana sedang menghadapi ujian sekolah atau masuk kerja.

Semoga Alloh Taโ€™ala selalu memberikan yang terbaik bagi dunia dan akhirat kita.

Semoga kita bisa terus istiqomah senantiasa bertutur, berfikir dan berbuat yg baik, beribadah dg penuh keikhlasan berharap ridho Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

Jum’at Yang Mulia

๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู 

Sejenak Pagi:
Selamat Hari Raya
Jumat yang Muliaโ€ฆ

Hari jum’at hadir kembali. 
Alhamdulillah 
Mari muliakan hari ini.
Agar mendapat keberkahan.

Dari sang Khoirur Rooziqiin 
๐ŸŒทmembaca doa Al-Maidah:ayat 114 :
“โ€ฆโ€ฆ.Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

๐ŸŒทmembaca Al-Kahfi
๐ŸŒทmemperbanyak istighfar.
๐ŸŒทmemperbanyak Sholawat
๐ŸŒทmemuliakan malamnya
๐ŸŒทmemuliakan siangnya

Tentang surat Al Kahfi:

  1. Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
    “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jumโ€™at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

2.Dalam riwayat lain masih dari Abu Saโ€™id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,
“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumโ€™at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar)

3.Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
โ€œSiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumโ€™at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.โ€

Insyaa Alloh kita semua
Akan dimuliakan oleh Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat. 

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

SEBARKAN KEBAIKAN

๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ๐ŸŒพ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*SEBARKAN KEBAIKAN*

“Dan berbuat baiklah (pada orang lain) sebagaimana Alloh telah berbuat baik kepadamu.”
(QS. Al-Qhasas : 77)

Jika kita tidak dapat menemukan alasan untuk dapat berbuat baik kepada orang lain, maka jadikanlah ayat ini sebagai alasannya. Karena kebaikan kita bukan karena apa yang mereka lakukan, namun karena apa yang Alloh lakukan pada kita.

Sebarkanlah semangat berbuat baik kepada siapa saja. Sekecil apapun kebaikan jika dilakukan dengan tulus, akan mampu memberi kebahagiaan tersendiri pada saudara kita.

Tahun 2005 terbit sebuah buku berjudul The Simple Truth of Service.  Buku itu ditulis khusus oleh pengarangnya karena pengalaman yang ia dapatkan dengan Johnny, seorang karyawan supermarket.

Johnny bertugas memasukkan barang ke dalam kantong belanja di meja kasir, dan ia seorang down syndrome. Daya berpikirnya sedikit berbeda dengan kebanyakan orang.

Meski demikian, setiap malam ia membaca buku-buku atau majalah untuk menemukan kata-kata mutiara yang menyentuh hati. Kutipan kata tersebut kemudian diketik ulang dan dicetak dalam jumlah banyak dengan bantuan ayahnya.

Keesokan hari, setiap kantong belanja pelanggan yang ia layani akan dimasukkan kertas kecil berisi inspirasi tersebut. Johnny baru saja menyebarkan semangat berbuat baik. Meski hanya perbuatan kecil, para pelanggan merasa gembira.

Satu bulan berlalu, sang kepala toko tak sengaja melihat antrian di kasir Johnny tiga kali lebih panjang dari kasir lainnya. Beliau dengan sopan mempersilahkan para pelanggan melakukan transaksi di kasir lain yang relatif kosong, namun mereka semua menolak,

“Tidak apa-apa saya antri lebih lama di sini, saya penasaran kata mutiara apa yang tertulis dalam kertas Johnny hari ini? Karena kata-kata yang ia berikan selalu mengena buat saya!” Komentar seorang ibu yang berada di tengah antrian.

Kebaikan kecil tersebut kini telah berubah menjadi perubahan besar! Penulis yang menceritakan kisah ini mengakhiri pengalamannya dengan sebuah pertanyaan, “Will you be a Johnny today?”

Semoga kita bisa terus istiqomah senantiasa bertutur, berfikir dan berbuat yg baik, beribadah dg penuh keikhlasan berharap ridho Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

Taujih Al-Imam As-Syafi’i Rahimahulloh

๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
*Taujih Al-Imam As-Syafi’i Rahimahulloh*

1. Biarkanlah hari-hari melakukan apa yang ia inginkanโ€ฆ.
Tenangkanlah dirimu jika takdir telah memutuskan

2. Janganlah engkau gelisah dan berkeluh kesah dengan kejadian/musibah malam hariโ€ฆ
Sesungguhnya musibah dunia tidak akan kekal.

3. Jadilah engkau seorang yg tegar dalam kesulitanโ€ฆ
Perangaimu adalah memaafkan dan menepati janji.

4. Jika banyak aibmu di hadapan manusia dan kau senang jika ada penutup bagi aib-aibmu.

5. Maka hendaknya engkau menutupi aibmu dengan kedermawanan, karena seluruh aib tertutupi โ€“sebagaimana dikatakan- yaitu dengan kedermawanan.

6. Janganlah engkau mengharapkan kebaikan dari seorang yang pelit, orang yang kehausan tidak akan mendapatkan air di api.

7. Rejekimu tidaklah akan terkurangi dengan sikap tenang (dalam bekerja) dan tidak akan menambah rejekimu dengan (ngotot) kepayahan.

8. Tidak ada kesedihan yang berkesinambungan demikian pula dengan kesenangan yang bersambung-sambung, demikian juga tidak ada kesengsaraan dan kemakmuran yang terus menerus.

9. Barang siapa yang didatangi oleh ajalnya, maka tidak ada bumi dan langit yang akan menaunginya.

10. Sesungguhnya bumi Alloh Ta’ala luas, akan tetapi jika telah datang taqdir kematian maka sempitlah terasa padang yang luas.

Semoga kita bisa terus istiqomah senantiasa bertutur, berfikir dan berbuat yg baik, beribadah dg penuh keikhlasan berharap ridho Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

KEYAKINAN

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
KEYAKINAN

Ada seorang dokter senior yang sudah lama membuka praktek di lingkungan saya dan selalu ramai dengan para pasien. Meski biaya berobatnya dikenal cukup mahal, orang-orang tetap datang kepadanya.

Saya sendiri juga belum lama ini memeriksakan keluhan kepadanya. Oleh karena itu saya tahu ia adalah dokter senior, karena waktu itu melihat ijazah spesialis terpasang di ruang prakteknya.

Saya yakin saudara juga sering melihat ijazah kedokteran atau surat izin praktek yang terpasang di ruang periksa. Hal ini tentu saja membuat yakin bahwa kita sedang ditangani oleh ahlinya.

Tidak jauh dari tempat praktek dokter yang saya ceritakan tersebut, ada sebuah rumah makan seafood yang juga ramai pelanggan. Seluruh dinding rumah makan tersebut banyak sekali dipasang piring-piring bertandatangan para artis yang pernah berkunjung.

Tujuannya sama, agar kita yakin bahwa masakan di sana memang terbukti enak dilihat dari banyaknya orang-orang ternama yang meninggalkan jejak mereka. Para chef yang memasak pasti ahli meracik hidangan mereka.

Begitu pula saat kita memutuskan untuk membeli buku karena bertaburan testimoni tokoh-tokoh terkenal yang telah membaca buku tersebut. Dengan adanya testimoni yang terpercaya, kita tidak ragu lagi bahwa buku itu pasti bagus, dan sang penulis pasti ahli di bidangnya.

Masih banyak lagi contoh serupa. Tetapi justru satu yang paling pentingnya masih kita lupakan. Bahwa teramat banyak bukti-bukti ciptaan Alloh yang luar biasa terpampang di alam ini.

Tidak ada habisnya kita melihat langsung jejak-jejak kesempurnaan Alloh bertaburan di kehidupan ini. Anehnya, mengapa kita belum juga yakin kepada Alloh? Mengapa masih ada keraguan dalam hati kita bahwa Alloh Ta’ala benar-benar Sang Maha Ahli.

Misalnya, masih suka bertanya-tanya tentang jaminan rezeki dari Alloh bagi seluruh hamba-Nya. Atau masih menyimpan prasangka kurang baik terhadap musibah yang Alloh ujikan kepada kita. Masih kurangkah tanda-tanda kebesaran Alloh?

Semoga kita bisa terus istiqomah senantiasa bertutur, berfikir dan berbuat yg baik, beribadah dg penuh keikhlasan berharap ridho Alloh.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

LUPA BAHAGIA

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi:
Lupa Bahagia

Berbagai rangkaian kegiatan, peraturan, harapan, ekspektasi,yang secara sadar maupun tidak, kita bebankan kepada pundak anak-anak kita setiap harinya.

Mulai dari bangun, sholat, sarapan dan atau mempersiapkan sarapan, rapihkan tempat tidur, jemur handuk, hingga sampai sekolah tidak terlambat.

Ketika mereka pulang, setumpuk pula kegiatan, peraturan yang mereka harus jalani, dan lalui sebelum akhirnya sampai ke waktu tidur, yang sangat sulit utk mereka tunda bahkan 10 menit!

Tentu saja semuanya berdasar, ada tujuan, ada harapan dalam penerapannya. Antara lain adalah untuk mendidik anak mandiri, bertanggung jawab, disiplin, empati, kuat, dlsb.

Tetapi, dalam gegap gempitanya dunia yang berlalu terlalu pantas, kita suka lupa.. lupa mengajarkan mereka tersenyum, lupa mengajarkan mereka bahagia, bersyukur dengan indah (bukan memaksa, ‘makannya kamu harus bersyukur’). Terkadang kita lupa, mengajari ‘count your blessing’ atau menghitung rahmat Alloh Ta’ala atas mereka diakhir hari, sebelum memejamkan mata.

Sehingga, ketika mereka akhirnya masuk ke alam mimpi, terakhir yang diucap dan diingatnya adalah, bukan susahnya hari, halangan-halangan yang dilalui, kesedihan hati, tapi betapa banyak rahmat Alloh Ta’ala yang sudah tercurah pada mereka hari itu.

Mulai dari membuka mata ( rezeki hidup sehari lagi, Insyaa Alloh), sehat (tidak ada anggota tubuh yang sakit ketika digerakkan), anggota tubuh yang lengkap. Tinggal di dalam rumah beratap, makanan hangat, orang yang menyayangi, transport utk ke sekolah. Sekolah yg bagus, teman-teman yang menyenangkan dlsb.

Hal ini, bahkan ada baiknya juga, kita sebagai orang tua juga mempraktekkannya sebelum tidur. Sehingga, diakhir hari, kita bisa mengevaluasi diri, bersyukur, sebelum masuk ke tahap ‘mati kecil’, yang banyak orang tidak diberi rezeki bangun kembali.

Jika kita rutin mengerjakan atau bahkan baru memulai hal ini, bisa dipastikan senyum akan tersungging dari bibir ke hati, atas banyaknya rahmat yang hari ini Alloh Ta’ala beri, jauuuuuuuuh sekali dari sedikitnya kesusahan yang terkadang tampak besar sekali.

Ada penelitian yang mengatakan, apa yang diingat sebelum tidur, akan menjadi memory yang kuat di dalam otak.

Dalam kegiatan dan rutinitas keseharian anak, kita terkadang lupa mengajak senyum dan tertawa. Mengajarkan agar mereka suka melakukan rutinitasnya. Ikut urun tangan dalam membantu hal-hal yang kecil sambil ngobrol-ngobrol ringan.

Kita suka lupa untuk ikut cekikikan antara si abang dan adik, yang menertawakan hal yang remeh menurut kita. Terkadang mereka geli sekali hanya pada hal yg biasa. Sebetulnya, jika kita ikut cari tahu, apa itu, mungkin kita bisa ikut tertawa bersama. Mungkin bukan pada hal sepelenya, tapi bahwa hal sesederhana itu, bisa membuat mereka geli tertawa.

Sekedar melihat ke dalam diri saja, saya mengajak kita semua bertanya pada diri sendiri berapa kali saya tersenyum atau tertawa hari ini?’, ‘berapa kali rata-rata dalam sehari?’. Pasti kita sedikit banyaknya akan kaget akan kecilnya nominal yang menjadi jawaban atas pertanyaan ini.

Mari jangan lupa bahagia, mari perbanyak senyum dan tawa. Latihan enjoy dan relax aja.. kenapa sih sering banget tegang tingkat tinggi? Bukannya semua juga sudah dibawah kendali? Kurang sedikit disana sini, ya biasalah.

Banyak yang perlu disyukuri, bahkan dalam keadaan serba kekurangan, apalagi yang berkecukupan.

Berhenti sejenak. Lihat keluargamu, rumahmu, terlepas dari kotor, berantakan, dan tumpukan kerjaan di kepala.

Bukankah semua baik-baik saja? Anak yang sehat? Pasangan yang setia? Memiliki tempat berlindung, kendaraan, makanan untuk hari ini. Walau terkadang sedikit sakit pinggang atau kaki, secara keseluruhan kan masih bisa bergerak untuk menjalankan hari?

Alhamdulillahโ€ฆ
Alhamdulillahโ€ฆ
Alhamdulillahโ€ฆ

Allah Ta’ala janjikan memberikan yang terbaik buat kita. Bisa jadi lebih buruk dari ini, tapi ini yang terbaik yang Alloh Ta’ala beri.

Mari jangan tegang melulu bawaannya, galak itu melelahkan.
Ayo belajar bahagia.
Bahagia itu ada dalam diri ini, kita sendiri yg membuat.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘