• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

BERTETANGGA

BERTETANGGA

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:
*BERTETANGGA*

Berbuat baik kepada tetangga juga menjadi perhatian serius dalam ajaran Islam. Perhatikan firman Alloh Ta’ala: “…Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”
(An-Nisa:36)

Nabi Shallallaahu ‘Alayhi Wa Sallam pun mengingatkan kita agar selalu berbuat baik kepada tetangga:

Ibnu Umar dan Aisyah ra berkata keduanya, “ Jibril selalu menasihatiku untuk berlaku dermawan terhadap para tetangga, hingga rasanya aku ingin memasukkan tetangga-tetangga tersebut ke dalam kelompok ahli waris seorang muslim.”
(HR.Bukhari Muslim)

Abu Dzarr ra berkata: Bersabda Rasululloh Shallallaahu ‘Alayhi Wa Sallam, “Hai Abu Dzar jika engkau memasak sayur, maka perbanyaklah kuahnya, dan perhatikan ( bagilah tetanggamu.”
(HR.Muslim)

Abu Hurairah berkata: Bersabda Nabi Shallallaahu ‘Alayhi Wa Sallam, “Demi Alloh tidak beriman, demi Alloh tidak beriman, demi Alloh tidak beriman. Ditanya: Siapa ya Rasululloh? Jawab Nabi, “Ialah orang yang tidak aman tetangganya dari gangguannya”
(HR.Bukhari Muslim)

Abu Hurairah berkata: Bersabda Nabi Shallallaahu ‘Alayhi Wa Sallam, “Siapa yang beriman kepada Alloh dan hari Akhir hendaklah memuliakan tetangganya”
(HR. Bukhari Muslim).

“Orang yang tidur dalam keadaan kenyang sedangkan tetangganya lapar bukanlah umatku.”

Hak-hak ketetanggaan tidak ditujukan bagi tetangga kalangan muslim saja. Tentu saja tetangga yang muslim mempunyai hak tambahan lain lagi yaitu juga sebagai saudara (ukhuwah Islamiyah). Tetapi dalam hubungan dengan hak-hak ketetanggaan semuanya sejajar.

Berbuat baik dan memuliakan tetangga adalah pilar terciptanya kehidupan sosial yang harmonis. Apabila seluruh kaum muslimin menerapkan perintah Alloh Ta’ala dan Nabi Shallallaahu ‘Alayhi Wa Sallam. ini, sudah barang tentu tidak akan pernah terjadi kerusuhan, tawuran ataupun konflik di kampung-kampung dan di desa-desa.

Sudahkah kita baik dg tetangga?

Semoga kita terus bisa mensyukuri nikmat dan diberi kekuatan Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

Hasbi Maula

Leave a Reply