• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Hakikat Akhlak Yang Baik

Hakikat Akhlak Yang Baik

Hakikat Akhlak Yang Baik

“Hakikat Akhlak Yang Baik”

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:

Hasan Al Bashri rahimahullih berkata,

“Hakikat akhlak yang baik adalah: bersungguh-sungguh dalam memberi kebaikan kepada orang lain, menahan diri tidak mengganggu orang lain, dan wajah yang berseri-seri.”
( Mawaizh lil imam Hasan al-Bashri, hal. 187)

PENJELASAN :

1⃣Akhlak adalah harta yang sangat berharga, siapa yang tidak memiliki akhlak walau ia kaya raya, maka ia sebenarnya orang yang miskin.

2⃣Perhiasan sejati adalah akhlak mulia bukan pakaian yang indah dan harta yang mewah .

3⃣Akhlak adalah respon cepat kita ketika melihat sesuatu, contohnya apa respon kita ketika melihat seseorang yang kesulitan? Jika kita segera menolongnya maka ada akhlak mulia dalam diri kita, dan jika kita cuek saja bahkan tidak bergeming maka sungguh buruk akhlak kita .

4⃣Akhlak itu terbagi dalam beberapa bagian, ada akhlak kepada Alloh Ta’ala, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam sesama manusia, binatang dan lingkungan .

5⃣Akhlak kepada Alloh Ta’ala adalah mentauhidkannya dan menyembahnya, akhlak kepada Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam adalah mengikut sunnah sunnahnya, akhlak kepada manusia adalah menghormatinya dan tidak menganggunya, akhlak kepada binatang adalah menyayanginya dan akhlak kepada lingkungan adalah menjaganya dan tidak mengotorinya .

6⃣Totaliltas dalam membantu adalah cermin dari akhlak yang mulia, maka jangan menjadi orang yang setengah -setengah dalam melakukan kebaikan karena nanti bisa dapat setengah syurga juga

7⃣Tanamkan dalam diri kita jika kita tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain maka janganlah menganggunya , dan di antara bentuk akhlak yang baik juga adalah sabar dalam menghadapi gangguan teman dan tetangga .

8⃣Bisa tersenyum adalah cermin dari akhlak yang baik dan tanda kita mengikuti sunnah nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka jika anda mengaku pengikut umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, harus mudah tersenyum baik kepada kawan ataupun lawan .

9⃣Senyum itu sedekah tetapi harus di tempatkan pada tempatnya agar tidak menyebabkan fitnah, sepertinya senyumnya wanita kepada pria, bahkan seorang wanita muda boleh tidak menjawab salam jika itu menyebabkan fitnah cinta yang terlarang .

🔟Tersenyumlah karena senyuman akan membuat beban hidupmu ringan dan membuatmu semakin optimis dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan .

Alhamdulillah hari jum’at, mari membaca al kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sodaqoh.

Semoga Alloh Ta’ala senantiasa membimbing Kita Untuk Selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan hidup.

Semoga kita terus istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin

__________________________________

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

Kunjungi: Coach Your Life

Hasbi Maula

Leave a Reply