• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Hilangnya Cahaya Dunia

Hilangnya Cahaya Dunia

๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…๐Ÿ”…
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Hilangnya Cahaya Dunia

Dari Mirdas Al Aslami dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Orang-orang shalih akan pergi (wafat) satu demi satu, hingga yang tersisa adalah orang-orang yang kwalitasnya seperti ampas gandum atau kurma, dan Alloh tidak memperdulikan mereka.”
(HR. Al Bukhari)

Pelajaran yg bisa diambil

  1. Hadits tersebut menjelaskan kepada kita bahwa pada akhirnya orang-orang shalih akan wafat satu persatu, hingga yang tersisa hanyalah orang-orang yang tak ada nilainya di sisi Alloh Ta’ala. Bahkan di riwayat lain dikatakan bahwa diantara tanda-tanda kiamat adalah wafatnya orang-orang shalih.
  2. Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani kemudian menjelaskan bahwasanya hadits di atas mengandung beberapa hal sebagai berikut :
    1๏ธโƒฃAnjuran untuk mengikuti orang-orang shalih dan juga mengandung peringatan agar tidak menentang mereka, agar tidak termasuk golongan orang-orang yang tak bernilai di sisi Alloh Ta’ala;

2๏ธโƒฃAdanya kemungkinan bahwa tidak akan ada satu-pun orang shalih di akhir zaman, sehingga yang tersisa hanyalah orang-orang yang melakukan keburukan;

3๏ธโƒฃAdanya kemungkinan kekosongan masa akhir zaman dari orang-orang yang berilmu, yang tersisa hanyalah orang-orang bodoh, dan merekalah yang menjadi pemimpin.

4๏ธโƒฃKeadaan seperti ini sangat mengerikan, oleh karenanya marilah kita senantiasa melakukan amal shalih, mencintai orang yang melakukan kebaikan, serta banyak berdo’a kepada Alloh Ta’ala agar tidak digolongkan sebagai hamba yang tak bernilai dalam pandangan-Nya.

โ€ Kemulyaan ulama’ di sisi Alloh Ta’ala

“Di antara hamba-hamba Alloh yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Alloh Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”
(QS. Fatir 35: 28)

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจโ€ฆ

Semoga bermanfaat dan dibarokahi Alloh Ta’ala.
Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply