• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

KEHIDUPAN DUNIA

KEHIDUPAN DUNIA

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
KEHIDUPAN DUNIA

Orang tersesat dalam sebuah perjalanan, biasanya adalah karena ketidaktahuan dia akan jalan yang seharusnya ditempuh. Sudah tidak tahu, masih malu pula untuk bertanya.

Perjalanan panjang manusia dalam mengarungi kehidupan dunia ini, juga berpotensi besar untuk membuat mereka tersesat, hingga kehilangan arah hidup. Salah satu pemicu terbesarnya adalah karena tidak mengerti hakikat dunia yang ia tinggali ini.

Tentu yang paling memahami hakikat dunia ini adalah Sang Pencipta dunia, yakni Alloh taโ€™ala. Maka simaklah dengan baik keterangan yang disampaikan oleh-Nya.

Alloh โ€˜azza wa jalla berfirman,
โ€œBerilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia itu bagaikan air yang Kami turunkan dari langitโ€
(QS. Al-Kahfi (18): 45)

Al-Qurโ€™an dipenuhi dengan analogi dan permisalan. Kali ini kita akan mengambil pelajaran dari analogi Al-Qurโ€™an yang memperumpamakan dunia dengan air.

Ada apa di balik perumpamaan tersebut? Orang bijak menjelaskan kemiripan antara kehidupan dunia dengan air dalam empat poin, sebagaimana dinukil dalam Tafsรฎr al-Qurthubiy (XIII/289):

1๏ธโƒฃAir tidak berada di satu tempat saja. Begitupula dunia, tidak pernah menetap dalam satu kondisi. Kondisi kehidupan dunia selalu berubah dan berbolak-balik. Kadang kita senang, kadang susah. Kadang sehat, kadang pula sakit. Kadang kita kaya, dan kadang miskin.

2๏ธโƒฃAir itu mengalir lalu menghilang dan habis. Begitulah dunia yang fana dan akan segera sirna. Tidak ada yang kekal di dunia ini. Jabatan, kekayaan dan keluarga, sebanyak dan setinggi apapun, ada saatnya akan lenyap.

3๏ธโƒฃSetiap orang yang masuk ke dalam air pasti akan basah. Begitupula orang yang tinggal di dunia, pasti akan terkena ujian dan masalah-masalah dunia. Alloh Ta’ala mengingatkan,
โ€œKami (Alloh) pasti akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa juga buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabarโ€.
(QS. Al-Baqarah (2): 155)

4๏ธโƒฃAir dengan kadar tertentu akan bermanfaat. Namun jika berlebihan akan berbahaya dan bisa membinasakan. Begitulah dunia, jika kita merasa berkecukupan maka akan bermanfaat. Namun jika kita rakus dan selalu ingin lebih; maka akan sangat membahayakan.

Itulah hakikat kehidupan dunia. Mari kita memahaminya dengan baik, agar kita bisa sukses dalam mengarunginya Insya Alloh.

Yaa Alloh Ya Robb Ampunilah kami, terimalah sholat kami, puasa kami dan ibadah kami lainnya.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Yaa Alloh Ya Robb
Tingkatkan amal ibadah kami.
Hanya kepadaMu kami memohon dan pelindungan, semoga pandemi covid ini segera berlalu.
Jadikan keluarga kami yg sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan hamba yang pandai bersyukur dan Bahagia, serta bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
@sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply