• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

KESABARAN YANG SEMPURNA

KESABARAN YANG SEMPURNA

🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:

Saudara dan Sahabatku,
Alloh Ta’ala berfirman:

“Hanyalah mereka orang-orang yang bersabar yang Alloh akan tunaikan ganjaran pahala untuk mereka tanpa batas”
(QS. Az Zumar: 10)

Subhaanallah.
Bagi orang-orang yang bersabar, pahala mereka akan diberikan oleh Alloh Azza wa Jalla secara tunai dan tanpa batas. Ini merupakan janji Alloh Azza wa Jalla khusus bagi orang-orang yang sabar…

Saudara dan sahabatku,
Sebagaimana kita telah ketahui kesabaran itu ada 3:

1️⃣Sabar di atas ketaatan

2️⃣Sabar menahan diri dari kemaksiatan

3️⃣Sabar di atas cobaan, ujian, dan penderitaan yang Alloh Ta’ala turunkan kepadanya.

Saudara dan sahabatku,
Seorang mukmin atau seorang beriman harus bersabar di atas ketaatan, yakni berupaya dengan segenap kemampuannya untuk senantiasa melaksanakan segala perintah-Nya dan berupaya dengan segenap kemampuannya untuk senantiasa menjauhi segala larangan-Nya…

Saudara dan sahabatku,
Seorang mukmin juga harus sabar menahan diri dari segala bentuk godaan kemaksiatan. Karena dalam pandangan mata kemaksiatan itu senantiasa menarik untuk dilakukan. Di situlah kesabaran untuk menahan diri diuji…

Saudara dan sahabatku,
Seorang mukmin juga diharuskan bersabar atas segala cobaan, ujian dan penderitaan yang diberikan oleh Alloh Azza wa Jalla. Seburuk atau separah apapun kondisi saat ini, di tengah mewabahnya Covid 19 seorang mukmin harus berlapang dada dan berbesar hati. Sebab dia memiliki suatu keyakinan yang tertanam begitu dalam jiwanya bahwa semua cobaan dan penderitaan yang dialaminya adalah ujian atas kesabaran. Pastilah rencana Alloh Azza wa Jalla adalah yang terbaik untuk kita, meskipun mungkin dalam pandangan kita tidak selalu dibungkus dengan keindahan…

Saudara dan sahabatku,
Aisyah radhiyallahu ‘anha bertutur,
Aku pernah bertanya kepada Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam tentang tha’un (wabah)”. Beliau menjawab,
“Sesungguhnya wabah adalah azab yang ditimpakan Alloh kepada siapapun yang dikehendaki-Nya. Namun Dia menjadikan wabah sebagai rahmat untuk kaum mukminin. Saat terjadi wabah, siapapun yang berdiam di rumahnya dengan penuh kesabaran dan berharap pahala. Sambil meyakini bahwa dia tidak akan terkena sesuatu, kecuali yang telah ditakdirkan Alloh. Orang yang seperti itu, pasti akan mendapatkan pahala orang yang syahid”
(HR. Ahmad).

Hadits di atas menjelaskan empat kualifikasi yang bila dipenuhi, maka seorang mukmin akan mendapat pahala syahid.

1️⃣Berdiam di rumah. Sebagai salah satu ihtiar agar tidak tertular wabah atau menulari orang lain. Ini tentu sangat selaras dengan himbauan pemerintah supaya kita melakukan social distancing.

2️⃣Sabar dan ridha. Tidak banyak mengeluh. Sebab ini adalah cobaan dan ujian dari Alloh Azza wa Jalla.

3️⃣Berharap pahala. Pahala menjalankan perintah Alloh dan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Pahala berdiam di rumah, walaupun terasa jenuh dan membosankan.

4️⃣Beriman dengan takdir. Bahwa segala apapun yang terjadi, itu adalah dengan iradah (kehendak) Alloh Azza wa Jalla. Sehingga bila Alloh Azza wa Jalla menakdirkan tidak terkena wabah, maka tidak mungkin terkena. Namun bila terkena, maka itulah yang memang telah ditakdirkan oleh-Nya.

Saudara dan sahabatku,
Siapapun yang memenuhi empat kualifikasi di atas maka dia telah melakukan kesabaran yang sempurna, dia akan mendapatkan pahala orang yang syahid. Walaupun ia tidak terjangkiti wabah. Apalagi bila terjangkit dan meninggal. Atau terjangkiti dan bisa sembuh. Semuanya dijanjikan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pahala syahid.
(Imam Ibn Hajar rahimahullah dalam Kitab Fath al-Bariy, Bab 10, hlm. 204)

Wallahua’lam bishawab

Semoga Alloh Azza wa Jalla mengaruniakan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita tetap istiqamah senantiasa bersabar atas segala iradah Alloh Azza wa Jalla untuk meraih ridha-Nya.

Semoga Alloh Ta’ala senantiasa membimbing Kita Untuk Selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan hidup.

Semoga kita terus istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

pagi100

Leave a Reply