• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Ketentraman Hati

Ketentraman Hati

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Ketentraman Hati

Peran agama Islam terhadap manusia adalah untuk menolong manusia dalam menentukan tujuan hidup menurut islam yang selamat. Selain itu agama adalah sebagai obat hati dalam islam dan penawar terhadap kegelisahan jiwa manusia. Hidup di dunia penuh dengan ujian dan cobaan dari Alloh Ta’ala, oleh karena itu kita butuh adanya tempat untuk bersandar dan mengeluh, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Jiwa yang gelisah bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan. Banyak penyakit yang bersumber dari psikis yang tertekan dan tidak tenang. Tidak heran kalau banyak orang malakukan terapi kejiwaan, aktifitas yoga dan bersemedi untuk meraih ketenangan batin.

Sebagai umat muslim ketenangan jiwa adalah kembali kepada Allah. Islam mengajarkan banyak hal untuk manusia bisa meraih cara membuat hati ikhlas, tenang, dan hidup bahagia menurut islam. Ibadah yang diperintahkan Alloh Ta’ala bukan semata-mata untuk menunjukan ketaqwaan hamba kepada Rabbnya, namun adalah sebagai obat bagi kegelisahan batin dari segala hiruk-pikuk dunia. Bagitulah Maha Suci Alloh Ta’ala dan Maha Bijaksana.

Sebagaimana Alloh Ta’ala berfirman dalam Alquran:

โ€œ yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Alloh, ingatlah hanya dengan mengingat Alloh hati menjadi menjadi tentram.โ€
(QS. AR Raโ€™d : 28)

Dalam ayat lain juga dikatakan :

โ€œ sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkarโ€
(QS. Al Ankabut : 45)

Dari ayat di atas terlihat bagaimana sebuah ibadah bisa membawa dampak psikologis yang lebih baik. Seseorang yang berzikir kepada Alloh Ta’ala akan menjadi tentram dan jauh dari perbuatan yang merusak.

Ketenangan jiwa dalam Islam adalah sebuah hasil yang didapat dari kekhusukan seseorang terhadap Alloh Ta’ala, sebagaimana yang dirasakan oleh para sufi. Mereka melakukan latihan kebatinan atau zikir kepada Alloh Ta’ala dengan benar-benar khusuk, yang meninggalkan keduniaannya dan hanya fokus pada cinta pada Rabbnya.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply