• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Manusia Yang Terbaik”

Manusia Yang Terbaik”

๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Manusia Yang Terbaik”

Diriwayatkan dari Jabir berkata, Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda; “Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.โ€
(HR. Thabrani dan Daruquthni)

Pelajaran yang terdapat dalam hadits di atas :

1๏ธโƒฃMenjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain merupakan perkara yang sangat dianjurkan oleh agama.

2๏ธโƒฃHal ini menjadi indikator bagaimana menjadi mukmin yang sebenarnya. Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfatannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya.

3๏ธโƒฃOrang yang bermanfaat bagi orang lain termasuk golongan orang yang dicintai Alloh Ta’ala.

4๏ธโƒฃManfaat yang bisa diberikan kepada orang lain bisa berupa :

๐Ÿ”นIlmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum/dunia;
Manusia bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain dengan ilmu yang dimilikinya. Baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Bahkan, seseorang yang memiliki ilmu agama kemudian diajarkannya kepada orang lain dan membawa kemanfaatan bagi orang tersebut dengan datangnya hidayah kepada-Nya, maka ini adalah keberuntungan yang sangat besar.

๐Ÿ”นMateri (Harta/Kekayaan)
Manusia juga bisa memberikan manfaat kepada sesamanya dengan harta/kekayaan yang ia punya. Bentuknya bisa bermacam-macam. Secara umum mengeluarkan harta di jalan Alloh Ta’ala itu disebut infaq. Infaq yang wajib adalah zakat. Dan yang sunnah biasa disebut shodaqah. Memberikan kemanfaatan harta juga bisa dengan pemberian hadiah kepada orang lain. Tentu, yang nilai kemanfaatannya lebih besar adalah yang pemberian kepada orang yang paling membutuhkan.

๐Ÿ”นTenaga/Keahlian
Bentuk kemanfaatan berikutnya adalah tenaga. Manusia bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain dengan tenaga yang ia miliki. Misalnya jika ada perbaikan jalan kampung, kita bisa memberikan kemanfaatan dengan ikut bergotong royong. Ketika ada pembangunan masjid kita bisa membantu dengan tenaga kita juga. Saat ada tetangga yang kesulitan dengan masalah kelistrikan sementara kita memiliki keahlian dalam hal itu, kita juga bisa membantunya dan memberikan kemanfaatan dengan keahlian kita.

๐Ÿ”นSikap yang baik (ramah)
Sikap yang baik dan ramah kepada sesama juga termasuk kemanfaatan. Baik kemanfaatan itu terasa langsung ataupun tidak langsung. Maka Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam. memasukkan senyum kepada orang lain sebagai shadaqah karena mengandung unsur kemanfaatan. Dengan senyum dan sikap ramah, kita telah mendukung terciptanya lingkungan yang baik dan kondusif.

Beberapa ayat Al Qur’an yg terkait dg Hadist diatas:
1๏ธโƒฃOrang beriman dan beramal shalih

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.”
(QS. Al Bayyinah: 7)

2๏ธโƒฃSetiap perbuatan baik maka akan kembali kebaikan itu kepada orang yang berbuat;

โ€œJika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri.โ€
(QS. Al-Isra’: 7)

3๏ธโƒฃUmat yang terbaik

“Kalian adalah umat yang terbaik dikeluarkan untuk manusia, memerintahkan yang maโ€™ruf, mencegah yang munkar, dan beriman kepada Alloh.”
(QS. Ali โ€˜Imran: 110)

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจโ€ฆ

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
@sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply