• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

MARAH

MARAH

๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿ‚
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
MARAH

Sekarang ini pasti lagi hectic banget dengan kondisi diri?
Banyak tugas menumpuk, pekerjaan tidak selesaiยฒ, yg mhs mau UAS, dan lainnya.
Kadang bikin emosi banget deh. Terus gimana yaa nahan emosi dengan kondisi kayak gini?

Atasi kondisi ini dg jangan langsung meluapkan emosi dengan teriak-teriak ga jelas ataupun melampiaskannya langsung ke benda-benda di sekitar kita.

Coba deh buat berfikir tenang, rileks, dan ambil nafas panjang selama 3x. Kalau sudah lumayan tenang, coba kita renungkan.
Hal apa sih yang bikin stress?
Apakah tugasnya yang sulit banget atau ngerasa ada kewajiban yang tuntas secara maksimal?

Setelah tau inti masalahnya, bisa deh segera diselesaikan atau cari tau solusinya. Atau, coba juga buat jalan-jalan dulu sebentar caru udara seger ataupun ajak ngobrol temen kita biar tdk terbebani dengan masalah yang ada dalam kesendirian.

Tip berikut bisa utk menahan marah.
1๏ธโƒฃMembaca taโ€™awudz, meminta perlindungan pada Alloh Ta’ala dari godaan setan

Kenapa sampai meminta tolong pada Alloh Ta’ala agar dilindungi dari setan? Karena dalil-dalil berikutnya akan terlihat jelas bahwa marah bisa dari setan. Maka kita mengamalkan firman Alloh Ta’ala dari ayat berikut,
“Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Alloh. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui.โ€
(QS. Al-Aโ€™raf: 200)

“Jika seseorang dalam keadaan marah, lantas ia ucapkan, โ€˜Aโ€™udzu billah (Aku meminta perlindungan kepada Alloh)โ€™, maka redamlah marahnya.โ€
(HR. As-Sahmi dalam Tarikh Jarjan, 252. Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1376)

2๏ธโƒฃDiam

Karena yang namanya marah itu jika keluar bisa jadi keluar kata-kata yang tidak Alloh Ta’ala ridhai. Ada yang marah keluar kata-kata kufur, ada yang marah keluar kalimat mencaci maki, ada yang marah keluar kalimat laknat, ada yang marah keluar kalimat cerai hingga hal-hal sekitarnya pun bisa hancur. Kalau seseorang memaksa dirinya untuk diam ketika akan marah, hal-hal yang rusak tadi tidak akan terjadi.

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad,
“Jika salah seorang di antara kalian marah, diamlah.โ€
(HR. Ahmad)

3๏ธโƒฃBerganti posisi

Dari Abu Dzarr radhiyallahu โ€˜anhu, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,
โ€œBila salah satu di antara kalian marah saat berdiri, maka duduklah. Jika marahnya telah hilang (maka sudah cukup). Namun jika tidak lenyap pula maka berbaringlah.โ€
(HR. Abu Daud).

4๏ธโƒฃMengambil air wudhu

Dari Athiyyah as-Saโ€™di Radhiyallahu anhu berkata, Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.โ€
(HR. Abu Daud)

5๏ธโƒฃIngat wasiat Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dan janji beliau

Sebelum memuntahkan amarah kepada orang lain atau benda sekalipun, baiknya orang memperhatikan hadits berikut yang berisi pesan Rasululloh shallallahu โ€˜alaihi wa sallam kepada seseorang yang meminta nasehat dari beliau.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, โ€œBerilah aku wasiat.โ€ Beliau menjawab, โ€œJanganlah engkau marah.โ€ Lelaki itu mengulang-ulang permintaannya, (namun) Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam (selalu) menjawab, โ€œJanganlah engkau marah.โ€
(HR. Bukhari, no. 6116)

Dari Muโ€™adz radhiyallahu โ€˜anhu, Rasululloh shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,
“Barang siapa menahan amarahnya padahal mampu meluapkannya, Alloh akan memanggilnya di hadapan para makhluk pada hari Kiamat untuk memberinya pilihan bidadari yang ia inginkan.โ€
(HR. Abu Daud, no. 4777; Ibnu Majah, no. 4186)

Dari Abu Ad-Dardaโ€™ radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata, โ€œWahai Rasululloh tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan dalam surga.โ€
Rasululloh shallallahu โ€˜alaihi wa sallam lantas,
โ€œJangan engkau marah, maka bagimu surga.โ€
(HR. Thabrani)

Yaa Alloh Ya Robb Ampunilah kami, terimalah sholat kami, puasa kami dan ibadah kami lainnya.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Yaa Alloh Ya Robb
Tingkatkan amal ibadah kami.
Hanya kepadaMu kami memohon dan pelindungan, semoga pandemi covid ini segera berlalu.
Jadikan keluarga kami yg sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan hamba yang pandai bersyukur dan Bahagia, serta bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
@sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

1 comment so far

Ree NaPosted on11:36 pm - Jun 11, 2021

Terimakssih
Tulisan ny bermanfaat skali

Apa ada link wa grup ato grup chatting sejenis kah?
Spy lbh enak akese info2 berfaedaj sperti ini

G plu buka web dl br bs baca

Leave a Reply