• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Membangun Integritas Melalui Ibadah

Membangun Integritas Melalui Ibadah

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Membangun Integritas Melalui Ibadah

Integritas dalam bahasa agama adalah istiqomah atau keterpaduan pribadi antara pikiran, jiwa dan tindakan. Pribadi yang mempunyai integritas adalah pribadi yang menyatu pada dirinya ide-ide dan gagasan dengan perilaku sehari-hari dalam kehidupan. Tidak saling terpisah dan berbeda. Tidak hanya sekedar berkata, tetapi juga melaksanakan. Ayat yang sering digunakan untuk menggambarkan integritas, yaitu:
โ€œHai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Alloh bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.โ€
(QS. Ash-Shaff, 61: 2-3)

Ayat ini menjelaskan bahwa integritas menyangkut kepribadian, yaitu menyatu antara keseluruhan yang ia percayai dengan kehidupan sehari-hari. Keadaan apapun tidak mempengaruhi prinsip dirinya. Ia tidak memiliki pribadi ganda. Jiwanya tidak rapuh oleh paksaan keadaan.

Integritas erat kaitannya dengan akhlakul karimah. Akhlak integritas harus dibangun dari keluarga. Selain itu, masyarakat dan lembaga pendidikan pun harus berperan aktif. Hari ini masalah masyarakat sangat kompleks. Apalagi di kota kehidupan sudah sangat individualis.

Oleh karena itu, sejak lahir sejatinya anak harus diberikan pendidikan karakter. Anak yang pintar, bisa jadi kepintarannya itu menghancurkan. Maka perlu diberikan karakter yang erat kaidahnya dengan agama.

Dalam agama, ibadah memberikan latihan setiap orang untuk membentuk karakter.
Alloh Ta’ala berfirman:
โ€œDan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.โ€
(QS. Adz-Dzariyat, 51: 56)

Dalam Islam, ibadah terbagi dua. Ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Ibadah mahdhah lebih spesifik dari ibadah ghairu mahdhah.

Untuk menilai seorang muslim adalah dengan melihat ibadahnya. Beda seorang muslim dengan muslim adalah ibadahnya. Integritas akan muncul dari pengejewantahaan dari manifestasi ibadah kepada Alloh Taโ€™ala. Sampai-sampai ia merasa bahwa hatinya selalu tergantung dengan Alloh Taโ€™ala.

Ibadah merupakan kata kunci untuk mengembangkan integritas. Orang yang rajin beribadah dengan sungguh-sungguh, maka integritasnya akan terjaga karena ia sadar akan pengawasan Alloh Taโ€™ala. Tidak bisa orang yang malas beribadah memilki integritas yang kuat. Orang yang malas beribadah, biasanya integritasnya diragukan karena sarat dengan kepura-puraan. Sayangnya ibadah hari ini terlalu diurai sehingga banyak orang memilih dan memilah untuk kepentingan pribadinya. Ibadah itu pada intinya untuk membentuk kepribadian.

Wallahu A’lam Bisshawab

Yaa Alloh Ya Robb Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudaraยฒ kami.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Jadikan kami dan keluarga kami sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.
Jadikan kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
@sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply