• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Memperbanyak Istighfar

Memperbanyak Istighfar

🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Sejenak Pagi
Memperbanyak Istighfar

Alloh Ta’ala berfirman:
“Maka aku katakan: mintalah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, serta akan memperbanyak harta dan anak-anak untukmu, dan menjadikan untukmu kebun-kebun dan Dia akan menjadikan sungai-sungai untukmu.”
(QS. Nuh: 10-12)

Dalam Tafsir Khazin disebutkan bahwa ketika umat Nabi Nuh AS mendapatkan ujian kehidupan, akhirnya meminta solusi kepada Nabinya, kemudian Nabi Nuh AS menganjurkan kepada umatnya untuk bertobat dengan mengesakan Tuhan (tauhid) dan memperbanyak istigfar. Sementara itu, menurut Imam Ar-Razi dalam tafsirnya menjelaskan ayat di atas bahwa orang yang memperbanyak istigfar akan mendapatkan lima keistimewaan, yaitu:

1️⃣akan turun hujan lebat setelah kemarau yang berkepanjangan. Hal ini sebagai solusi bila terjadi kemarau yang berkepanjangan yang melanda sebuah desa atau negara, maka kepala negara atau tokoh yang berpengaruh menganjurkan rakyatnya untuk mengadakan salat Istisqa dan memperbanyak istigfar, berharap rahmat segera turun ke daerah itu.

2️⃣orang yang selalu beristigfar dalam kehidupan yang ia jalani, baik dari segi materi maupun rohani akan selalu dimudahkan dan tercukupi.

3️⃣orang yang belum diberi keturunan akan segera mendapatkan momongan, karena sebuah keluarga dianggap sempurna bila sudah diberi keturunan untuk melanjutkan perjuangan orang tuanya.

4️⃣Alloh Ta’ala akan memberi keberkahan atas hasil pertanian yang mereka tanam, serta dijauhkan dari segala hama tanaman.

5️⃣Alloh Ta’ala akan mencukupi sumber mata air sebagai sumber kehidupan, karena tanpanya manusia akan binasa, dan segala tumbuhan akan mati ketika terjadi kelangkaan air.

Semua keistimewaan ini akan diperoleh manusia bila ia selalu menjalankan ketaatan kepada Tuhannya sesuai tuntunan yang diajarkan oleh para utusanNya. Namun watak manusia selalu tergoda oleh kenikmatan sesaat, bila mendapatkan harta yang melimpah, ia sudah berani sumpah serapah, di saat memangku jabatan tinggi, ia menjadi tinggi hati. Manusia akan selalu ingat Tuhannya di kala sedang susah, gelisah, terutama menghadapi urusan yang sangat mencekam yang membahayakan dirinya dan keluarganya.

Alhamdulillah hari jum’at mari membaca Al Kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sodaqoh.

Semoga kita senantiasa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

firdaus

Leave a Reply