• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Mengingatkan Bulan Al-Muharram adalah Bulan Haram

Mengingatkan Bulan Al-Muharram adalah Bulan Haram

🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹🔹
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi
Mengingatkan Bulan Al-Muharram adalah Bulan Haram

Saudara dan Sahabatku…..
Saat ini kita sudah masuk di bulan Al-Muharram yang merupakan satu di antara empat bulan Haram, yaitu bulan-bulan yang disucikan dan diagungkan oleh Alloh Ta’ala.

Alloh ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Alloh adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Alloh di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu”
(QS. At-Taubah: 36)

Bulan Haram yang empat tersebut dijelaskan oleh Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya waktu itu telah berputar sebagaimana biasanya sejak Alloh menciptakan langit dan bumi. Satu tahun dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan diantaranya berturut-turut, yaitu Dzul qa’dah, Dzul hijjah, Muharram dan Rajab…”
(HR. Ahmad)

Ketahuilah Saudara dan Sahabatku bahwa maksiat yang dilakukan di bulan Haram lebih besar dosanya daripada melakukan dosa di bulan-bulan lainnya. Demikian juga sebaliknya pahala amal sholih yang dilakukan di bulan Haram dilipatgandakan.

Ali bin Abi Thalhah menuturkan dari Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma tentang ayat tersebut, “Alloh mejadikan empat bulan itu sebagai bulan Haram, dimana Dia memperbesar keharaman – keharamanya dan Dia menetapkan dosa yang dilakukan padanya lebih berat, serta menjadikan pahala dan amal shalih dan pahalanya juga lebih besar”
(Tafsir Ibnu Katsir)

Oleh karena itu bersegeralah dan perbanyaklah amal sholeh di bulan ini, serta berpikirlah ribuan kali untuk bermaksiat kepadaNya.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
😊❤👍

firdaus

Leave a Reply