• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

SABAR DAN BERSERAH DIRI

SABAR DAN BERSERAH DIRI

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
SABAR DAN BERSERAH DIRI

Rasululloh Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan jika Alloh mencintai suatu kaum Dia akan menguji mereka, siapa yang ridha maka baginya keridhaan (Alloh) dan siapa yang murka maka baginya kemurkaan (Alloh).”

Saudara dan Sahabatku,
Ujian adalah suatu hal yang pasti dalam kehidupan. Di situlah keyakinan kepada taqdir direalisasikan sebagai bagian dari ciri hamba yang beriman.

Takdir kadang mempertemukan seseorang dengan sesuatu yang tak dia undang. Takdir kadang memberikan kepada seseorang apa yang tidak dia rancang. Memaksanya mengalirkan air mata kesedihan. Membuat suasana suka, duka, pilu dan nestapa dalam ujian.
Dalam proses mematangkan keyakinanโ€ฆ

Dalam ujian senantiasa mengandung permata yang berkilauan.
Namun hanya orang yang sabar yang berhak mendapatkannya. Terkadang bersabar memang membosankan
Namun di balik kesabaran tersimpan benih kebijaksanaan.

Maka senantiasa istiqamah dalam melangkah serta pasrah kepada Sang Maha Rahmah akan berbuah berkah dan terarahโ€ฆ

Saudara dan Sahabatku,
Takkan mewujud mutiara andaikan kerang tak menahan rasa sakit saat terselip butir pasir, begitupun tak terbentuk pedang andaikan kurang panas tungku bakar dan keras tempaannyaโ€ฆ

Begitu juga kesempurnaan sayap kupu-kupu adalah dari susahnya ia merobek celah kepompong, kapal yang teruji adalah saat mampu menembus ombak nan ganasโ€ฆ

Kita semua perlu ujian untuk menjadikan diri kita lebih tinggi, lebih berharga, lebih bernilai dan lebih mulia. Penyengat diri, pelecut jiwa, harapan untuk kita kejar tiap harinyaโ€ฆ

Saudara dan Sahabatku,
Ujian tidak dikirimkan oleh Alloh Azza wa Jalla melainkan kita sudah diberi Alloh Azza wa Jalla kemampuan menyelesaikannya, asalkan kita mau, juga sesuaikan caranya dengan apa yang ditunjukkan Alloh Azza wa Jallaโ€ฆ

Sayangnya kita terlampau silau dengan hasil, lalu melupakan proses yang harus kita jalani untuk mendapatkan keinginan kita, mau nikmat tapi instant dan segera.

Kita lupa bahwa di balik kilau nama Nabi Ibrahim AS, ada ujian akan bapak, istri, dan anak-anaknya, di balik rupawan Nabi Yusuf AS ada ujian saudara, hamba sahaya, wanita, dan penjaranyaโ€ฆ

Kita lupa bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam diiringi dengan berbagai ujian kengerian, malapetaka, dan goncangan yang dahsyat, menguji harta dan nyawa tiap kalinyaโ€ฆ

Saudara dan Sahabatku,
Alloh Azza wa Jalla meninggikan nilai kita dengan ujian, bagai pasir yang terselip, tungku api yang menempa, agar kita muncul berkilau dan kuat, bernilai dan dicari, berharga bagi semua.

Bila kita tak ingin jadi manusia biasa, hadapi ujian itu, dekatkan diri dengan Alloh Azza wa Jalla, maka tak mungkin kita tak kuat menghadapi semua, Sebab Alloh Azza wa Jalla adalah sumber kekuatan..

Apabila selama ini kita lulus ujian, atau bahkan selalu dekat dengan teguran, jangan-jangan selama ini kita yang tak mau mengenal dan mendekat kepada Alloh?

Mari saudara dan sahabatkuโ€ฆ
Selain kita tingkatkan iman, imun diri dan protokol ketat covid, kita terus berdoa dan memohon kpd Alloh Ta’ala agar pandemi ini segera berakhir.

Semoga Alloh Azza wa Jalla mengaruniakan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita tetap istiqamah untuk senantiasa bersabar dan berserah diri atas segala Iradah-Nya.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply