• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Selamat Hari Ibu…

Selamat Hari Ibu…

💐💐💐💐💐💐💐💐💐💐💐
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sejenak Pagi:
*Selamat Hari Ibu…*

Adakah manusia yg bekerja 24 jam, tanpa libur 365 hari bekerja tanpa dibayar?

*ADA*
*ITULAH IBU KITA*

Pada hari ini 22 Desember merupakan *HARI IBU*

Selain ucapan selamat hari Ibu, apa yg dilakukan, sudahkah berbuat yg terbaik utk Ibu, sudahkah membahagiakan dg hati, tutur kata, perbuatan yg terbaik utk Ibu.

Beberapa hal yg terkait dg seorang Ibu.

1⃣Mulia di Mata Alloh Ta’ala

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa.”
(QS. Al-Ahqaaf: 15)

2⃣Sosok yang Kuat

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”
(QS. Luqman: 14)

3⃣Wajib Dihormati

“Seseorang datang kepada Rasululloh shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasululloh, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!, ‘Kemudian ayahmu.”
(HR. Bukhari: 5971)

4⃣Haram untuk Disakiti

“Sesungguhnya Alloh Ta’ala mengharamkan kalian berbuat durhaka kepada ibu-ibu kalian.”
(HR. Bukhari, no. 1407).

Tidak diprkenankan berbuat durhaka kepada ibu sebab ibu adalah seseorang yang telah banyak berkorban mulai dari mengandung, melahirkan, hingga senantiasa mencurahkan kasih sayangnya semasa mendidik dan mengurus sampai anak tersebut menjadi dewasa serta melakukan tugas ibu rumah tangga dalam Islam dengan penuh keikhlasan.

5⃣Wajib untuk Dibahagiakan

“Seseorang datang kepada Rasululloh shalallaahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Aku akan berbai’at kepadamu untuk berhijrah, dan aku tinggalkan kedua orang tuaku dalam keadaan menangis.” Rasululloh Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan buatlah keduanya tertawa sebagaimana engkau telah membuat keduanya menangis.”
(HR. Abu Dawud (no. 2528).

6⃣Ridhonya adalah Ridho Alloh Ta’ala

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata, “Ridha Allah tergantung ridha orang tua dan murka Alloh tergantung murka orang tua.“
(Adabul Mufrod no. 2).

Alloh Ta’ala memberi ridho terhadap suatu urusan jika ibunya memberi ridha pula akan hal tersebut, sebab itu restu dari seorang ibu tak boleh diremehkan sebab menjadi sesuatu yang penting.

7⃣Doanya Mustajab

Ada tiga do’a yang dikabulkan oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala yang tidak diragukan tentang do’a ini:
(1) do’a kedua orang tua terhadap anaknya, ……”
(HR. Al-Bukhari).

Mohonlah doa kepada ibu di setiap urusan sebab doa ibu adaah doa yang mustajab, dalam urusan apapun sebaiknya selalu mengungkapkan pada beliau agar beliau turut mendoakan.

8⃣Tak boleh Mendapat Perlakuan Kasar

“Hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”
(QS. Al Isra: 23)

Semoga kedua tua kita diampuni dosa2, diterima amal ibadahnya dan dimasukkan ke surgaNya Alloh.

Semoga kita menjadi anak anak yg sholeh/sholehah.

Semoga kita diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk bisa istiqomah membaca, memahami dan mengamalkan al qur’an dan sholat tepat waktu.
Semoga kita terus bisa istiqomah dalam beribadah, senantiasa mensyukuri nikmat Alloh Ta’ala dan diberi kekuatan oleh Alloh Ta’ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
*Robbana Taqobbal Minna*
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
😊❤👍

Hasbi Maula

Leave a Reply