• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Siapakah yang serakah?

Siapakah yang serakah?

๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Siapakah yang serakah?

Dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Andaikata seorang anak Adam yakni manusia itu memiliki selembah emas, ia tentu menginginkan memiliki dua lembah dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya kecuali tanah yaitu setelah mati dan Alloh menerima taubat kepada orang yang bertaubat.”
(Muttafaqun ‘alaih)

Pelajaran yang didapatkan

1๏ธโƒฃSesungguhnya manusia pada dasarnya serakah terhadap harta dunia sampai mati kecuali yang Alloh Ta’ala beri taufik dan kelembutan hati untuk menyikapi harta dengan benar. Ada yang menghabiskan waktunya hanya untuk urusan dunianya, sampai lupa melakukan ketaatan dan lalai akan kehidupan kekal di akhirat kelak.

2๏ธโƒฃSabda Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallamm; โ€œPerut manusia tidaklah akan penuh melainkan dengan tanahโ€, maksudnya: Tatkala manusia mati, perutnya ketika dalam kubur akan dipenuhi dengan tanah. Perutnya akan merasa cukup dengan tanah tersebut hingga ia pun kelak akan menjadi serbuk. (Syarh Ibnu Batthol)

3๏ธโƒฃHadits ini adalah celaan bagi orang yang terlalu tamak (serakah) dengan dunia dan tujuannya hanya ingin memperbanyak harta. Oleh karenanya, para ulama’ begitu qonaโ€™ah dan selalu merasa cukup dengan harta yang mereka peroleh. (Syarh Ibnu Batthol)

4๏ธโƒฃHadits ini adalah anjuran untuk zuhud pada dunia. Yang namanya zuhud pada dunia adalah meninggalkan segala sesuatu yang melalaikan diri dari Alloh Ta’ala. (Keterangan Ibnu Rajab dalam Jaamiโ€™ul Ulum wal Hikam)

5๏ธโƒฃManusia akan diberi cobaan melalui harta. Ada yang bersyukur dengan yang diberi. Ada pula yang tidak pernah merasa puas.

Semoga kita dijauhkan dan tidak menjadi hamba Alloh Ta’ala yang serakah.

Virus covid 19 masih ada disekitar kita.
Kita tingkatkan iman, imun diri dan aman. Jalani protokol kesehatan secara ketat.
Kita terus berdoa dan memohon kpd Alloh Ta’ala agar pandemi ini segera berakhir.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Dalam lindungan dan Rahmat Alloh Subhanahu wata’ala. Menjadi hamba yang Bahagia, membahagiakan orang lain dan senantiasa bersyukur.
Semoga Alloh Ta’ala mengampuni dosa dan kesalahan kita.
Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin.

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply