• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam (2)

Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam (2)

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Sejenak Pagi
Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam (2)

Tidak Meniup Makanan atau Minuman Panas
Dalam Hadits, Ibnu Abbas meriwayatkan โ€œBahwasanya Rasululoh Sholallohu ‘alaihi wasallam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnyaโ€
(HR. At Turmudzi).

Secara teori ilmiah, hadits Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila kita menghembuskan nafas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), yang apabila bercampur dengan air (H2O), akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, sehingga menyebabkan minuman itu menjadi acidic (bersifat asam). Bila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama akan dapat merusak kinerja ginjal serta dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Tidak Makan atau Minum Sambil Berdiri

Jika kita terbiasa makan dan minum sambil berdiri, air dan makanan yang kita konsumsi akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring dan diserap vitaminnya terlebih dahulu oleh tubuh. Akibatnya akan terjadi pengendapan disaluran ureter. Endapan ini bila semakin dapat menyebabkan penyakit kristal ginjal atau batu ginjal.

Cepat Tidur dan Cepat Bangun

Rasululloh sholallohu ‘alaihi wasallam biasa tidur di awal malam dan bangun pada pertengahan malam kedua. Kemudian beliau bersiwak (sikat gigi), lalu berwudhu dan shalat sampai waktu Subuh. Beliau tidak pernah tidur berlebihan, namun tidak pula menahan diri untuk tidur sekedarnya.
Tidur yang dianjurkan beliau adalah dengan memiringkan badan ke sebelah kanan dan kadang โ€“ kadang berbalik arah ke sebelah kiri untuk mempercepat proses pencernaan makanan.

Melakukan Puasa Sunnah

Ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan oleh beliau, seperti Senin Kamis, puasa Daud, puasa enam hari di bulan Syawal, dsb. Puasa dapat mencegah berbagai macam penyakit jasmani maupun rohani. Puasa sangat ampuh untuk detoksifikasi atau pembersihan racun dalam tubuh.

Semoga kita semua sekeluarga sehat dzohir bathin. Di beri Kekuatan Iman dan ketaqwaan. Istiqomah dalam kebaikan.
Menjadi hamba yang Bahagia dan bersyukur selalu.

Semoga kita bisa memperbaiki ibadah kita kpd Alloh Ta’ala, dan terus istiqomah bertutur kata, berfikir dan berbuat baik dan benar.

Semoga kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

www.sejenakpagi.info
IG: sejenakpagi.official
๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

firdaus

Leave a Reply