• +62-8123070905
  • bagus.suminar@gmail.com

HARGAI ISTRIMU

Pelatihan keluarga bahagia bersama Coach Your Life

HARGAI ISTRIMU

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท

ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู

Sejenak Pagi:

Hargai istrimu

Sering kali terjadi seorang istri dianggap rendah oleh seorang suami, apabila sang suami sudah merasa sukses dalam mewujudkan rumah tangga yang mapan. Banyak yang begitu kah?

Meskipun dalam Al-Qurโ€™an surat Al-Baqarah Ayat 228, Alloh memberikan satu tingkatan (kelebihan) terhadap suami dari pada istri. Dan ayat tersebut sering kali dijadikan alasan untuk menganggap perempuan lebih rendah dari laki-laki secara mutlak.

Surat al Baqoroh:228

“………..Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Alloh Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Namun, hal ini tidak berarti seorang suami boleh merendahkan seorang istri. Menurut Muhammad Abduh, keutamaan laki-laki tidak dapat dilepaskan dari tugas dan kewajiban dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi keluarga. (Berdasarkan Tasfir Al-Manar, jilid 2, halaman 380)

Ini berarti bahwa bila seorang laki-laki tidak dapat memenuhi kewajiban menjadi tulang punggung keluarga maka kelebihan itu sudah tentu menjadi milik perempuan (istri). Dengan demikian, kelebihan yang dimaksudkan oleh ayat ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin seseorang.

Karena Itulah, syariat Islam mengharuskan kepada suami untuk tidak mudah meremehkan atau menganggap rendah istri. Dengan itu, seorang suami diharuskan selalu bersikap lemah lembut dan memuliakan istri. Memuliakan adalah salah satu hak yang harus diperoleh istri yang bukan bersifat kebendaan. Betapa romantisnya bila kehidupan rumah tangga dihiasi dengan saling menghormati atau memuliakann.

Mengenai hal ini Alloh SWT berfirman dalam An-Nisaa ayat 19 โ€œDan, bergaulah dengan mereka (wanita) secara patut. Kemudia, bila kamu tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Alloh menjadikan padanya kebaikan yang banyak.โ€

Untuk itu para suami, hargailah dan muliakan istrimu.

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna

Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin

www.sejenakpagi.info

๐Ÿ˜Šโค๐Ÿ‘

Kunjungi: Coach Your Life

Hasbi Maula

Leave a Reply